Jitunews.Com
27 Oktober 2021 22:15 WIB

China: Taliban Sangat Ingin Berdialog dengan Seluruh Dunia

Menteri Luar Negeri China mengatakan bahwa Beijing siap menjadi tuan rumah pembicaraan lebih lanjut antara rezim Taliban dan sejumlah negara tetangga tentang masa depan Afghanistan

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (China Daily)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, pada Rabu (27/10) mengatakan bahwa Taliban sangat ingin berdialog dengan seluruh dunia, dan masyarakat internasional harus membantu Afghanistan mengatasi krisis kemanusiaan dan perekonomian yang tengah mereka hadapi.

Dalam pidato yang disampaikan melalui tautan video ke sebuah forum yang digelar oleh Iran, Wang mengatakan Beijing siap menjadi tuan rumah pembicaraan lebih lanjut antara rezim Taliban dan sejumlah negara tetangga tentang masa depan Afghanistan.

"Taliban sangat ingin berdialog dengan seluruh dunia ... China akan menjadi tuan rumah pertemuan Tetangga Afghanistan ketiga pada waktu yang tepat," kata Wang dikutip Reuters..



Ingin Perkuat Hubungan dengan ASEAN, Australia Janji Tingkatkan Bantuan ke Asia Tenggara

Pada awal pekan ini, Wang Yi sudah berada di Doha, Qatar, dan bertemu dengan perwakilan pemerintah Afghanistan, dimana pada kesempatan tersebut Wang Yi "menyambut baik perubahan yang terjadi di Afghanistan dan menyoroti hubungan bersejarah kedua negara". Ia menambahkan jika Beijing akan meningkatkan kerjasama bilateral dengan Kabul, tanpa ikut campur dalam urusan internal Afghanistan.

Sementara itu, Media China, Xinhua News, melaporkan jika Wang Yi meminta agar Taliban memutuskan hubungan dengan kelompok Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM), sebuah kelompok yang dianggap oleh Beijing telah memicu gerakan separatisme di Xinjiang.

China Tak Akan Jadi Negara Pertama yang Akui Taliban sebagai Pemerintahan Resmi Afghanistan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait