Jitunews.Com
23 Oktober 2021 15:29 WIB

Jaga Wilayah Perairan, Ukraina Dapat Kiriman Tiga Kapal Patroli dari AS

Duta besar Ukraina mengatakan jika pihaknya akan menerima tiga unit kapal patroli dari AS pada bulan November

Ilustrasi (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Duta besar Ukraina untuk AS Oksana Markarova, pada Jumat (22/10) mengatakan bahwa pemerintah AS akan mengirimkan tiga unit kapal patroli kelas pulau, pada bulan November mendatang.

“Hari ini di Baltimore, di pangkalan Penjaga Pantai AS, armada kelima pelaut Ukraina dinyatakan siap untuk bertugas di kapal patroli kelas Pulau yang disebut Kubrak. Pelatihan enam minggu dengan instruktur terbaik AS dan pada bulan November tiga kapal akan dikirim dari Baltimore ke Ukraina, selain dua unit yang sudah berada dalam dinas militer kami," tulis Markarova dalam postingan Facebooknya.

Duta Besar Ukraina tersebut mencatat bahwa pelatihan ini menunjukkan tingkat kemitraan strategis di bidang pertahanan antara Ukraina dan AS, yang berfokus pada angkatan laut dan pengembangan kemampuan Ukraina di Laut Hitam dan Azov.



Polemik Kapal Selam Nuklir, Uni Eropa Tunda Negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Australia

“Di laut, di darat dan di udara, kami membangun kemampuan pertahanan kami dan bergerak menuju standar NATO,” tambah Markarova.

Kapal kelas pulau adalah kapal patroli cepat dari US Coast Guard yang dirancang untuk patroli dan operasi pencarian dan penyelamatan di wilayah pesisir. Pada September 2018, dua unit kapal tersebut sudah diberikan oleh AS kepada Angkatan Laut Ukraina.

 

AS Tak Ingin Konflik China-Taiwan Meledak Jadi Pertempuran Militer
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait