Jitunews.Com
23 Oktober 2021 14:39 WIB

Polemik Kapal Selam Nuklir, Uni Eropa Tunda Negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Australia

Menteri Perdagangan Australia mengatakan jika Uni Eropa menunda proses negosiasi perdagangan bebas dengan Canberra hingga Februari tahun depan

Ilustrasi Kapal Selam (istimewa)

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Uni Eropa, untuk kedua kalinya, kembali menunda negosiasi kerjasama perdagangan dengan Australia, satu bulan setelah Canberra secara sepihak membatalkan kerja sama pembelian kapal selam bermesin diesel dengan Perancis.

Menteri Perdagangan Australia Dan Tehan mengatakan jika pembicaraan dengan Uni Eropa yang awalnya digelar pada Oktober ini akan ditunda hingga Februari 2022 mendatang, setelah sebalumnya sudah dijadwalkan ulang pada bulan November.

"Uni Eropa sudah memberikan saran kepada pemerintah Australian bahwa putaran ke-12 negosiasi FIA (perjanjian perdagangan bebas) akan digelar pada Februari (2022)," kata Tehan kepada Reuters.



Erdogan Minta AS Kembalikan Dana Investasi Turki atas Proyek Jet Tempur F-35 yang Dibatalkan

Sementara itu, sejauh ini pihak Komisi Uni Eropa masih belum mengkonfirmasi detail tanggal kapal digelarnya proses negosiasi tersebut.

Seperti diketahui, Pembatalan kontrak senilai USD 40 miliar dengan Perancis tersebut terjadi sesaat sebelum Australia membentuk aliansi pertahanan dengan AS dan Inggris, AUKUS, dimana nantinya Canberra akan mendapatkan teknologi kapal selam nuklir.

Uzbekistan Bilang Tentara AS Tak Perlu Beroperasi di Wilayahnya
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait