Jitunews.Com
16 Oktober 2021 13:30 WIB

AS Bakal Gelar Latihan Tempur Gabungan Skala Penuh dengan Thailand di Asia Tenggara Tahun Depan

Kepala Komando Indo-Pasifik AS Laksamana John Aquilino mengatakan bahwa hubungan sekutu antara AS dan Thailand penting untuk memastikan perdamaian, keamanan dan stabilitas di Asia Tenggara.

Kendaraan tempur amfibi milik AS pada latihan tempur Cobra Gold dengan Thailand pada Februari 2020 lalu (Sputniknews)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kepala Komando Indo-Pasifik AS Laksamana John Aquilino, mengatakan bahwa pihaknya berharap bahwa latihan militer internasional Thailand-AS, Cobra Gold, yang merupakan latihan tahunan bersama terbesar di Asia Tenggara, akan diadakan dengan skala penuh pada tahun 2022. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Bangkok Post pada hari Kamis (14/10).

Latihan tahunan diperkecil menjadi hanya 600 tentara AS yang berpartisipasi tahun ini. Sedangkan sebelum era pandemi, kegiatan tersebut diikuti oleh 7.000 tentara AS.

"Bersama [dengan Panglima Tertinggi Thailand Chalermpol Srisawat] kami akan bekerja untuk membuatnya kembali normal sesegera mungkin. Dan di masa depan semoga memperluas kompleksitas pelatihan dan bahkan berpotensi meningkatkan partisipasi negara-negara," kata Aquilino.



AS Tawarkan Ganti Rugi terhadap Keluarga Korban Serangan Udara di Afghanistan

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut tetap akan dilakukan dengan mematuhi protokol COVID-19 yang ditetapkan oleh pihak Thailand.

Adapun untuk melanjutkan kunjungan persahabatan reguler kapal perang AS ke Thailand, yang dihentikan sementara karena pandemi, Aquilino mengatakan AS siap untuk mengerahkan kapalnya segera setelah mendapat persetujuan dari pemerintah Thailand.

Mengomentari kemungkinan konfrontasi dengan China di Laut China Selatan, Aquilino juga mencatat bahwa hubungan sekutu antara AS dan Thailand penting untuk memastikan perdamaian, keamanan dan stabilitas di Asia Tenggara.

Menlu Arab Saudi: Akselerasi Kegiatan Nuklir Iran Sangat Memprihatinkan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait