Jitunews.Com
15 Oktober 2021 13:00 WIB

PAN: Jangan Sampai Pelaksanaan Pileg, Pilpres, Berhimpitan dengan Pilkada

PAN mengatakan polemik mengenai jadwal Pemilu 2024 bisa dihindari

Guspardi Gaus (twitter.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jadwal Pemilu 2024 hingga saat ini belum diputuskan. Pemerintah mengusulkan pemilu digelar pada 15 Mei, sedangkan KPU mengusulkan tanggal 21 Februari.

PAN mengatakan polemik mengenai jadwal Pemilu 2024 bisa dihindari. PAN ingin pelaksanaan pilpres dan pileg tidak berhimpitan dengan pilkada.

"Yang kita inginkan jangan sampai antara pelaksanaan Pileg, Pilpres, berhimpitan dengan pelaksanaan Pilkada," kata anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, dalam keterangannya, Jumat (15/10).



Bantah Tensi Internal Memanas Gegara Isu Celeng, PDIP: Industri Politik Buat Hal Biasa Jadi Kontroversi

Menurutnya, penyelenggaran pemilu bisa membuat kesepakatan dengan pemerintah, MA, dan MK.

"Kesepakatan antara pemerintah, penyelenggara pemilu, serta MA dan MK itu di antaranya harus meliputi bentuk perkara yang bisa diajukan ke MA dan MK, tetapi tetap mempertimbangkan bahwa peradilan tidak boleh menolak permohonan," ucapnya.

"Dibuat lah kesepakatan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan sengketa kepemiluan apakah pileg, pilpres, dan pilkada harus jelas apa bentuk daripada perkara yang boleh masuk dan berapa lama perkara itu dilangsungkan," lanjutnya.

Ia berharap DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu bisa duduk bersama dengan MA dan MK untuk membuat kesepakatan setelah reses.

"Jadi mungkin setelah reses, DPR bersama pemerintah dan penyelenggara diharapkan bisa duduk bersama dengan MK dan MA untuk membuat kesepahaman terkait hal-hal yang berkaitan dengan masalah pemilu, sengketa pemilu dan pilkada," ujarnya.

Muncul Kubu Banteng dan Celeng di Internal PDIP, Gibran: Emange Aku Celeng?
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait