Jitunews.Com
8 Oktober 2021 10:02 WIB

KPU Usul Pilkada Digelar 2025, NasDem: Opsi Itu Nanti Kita Pertimbangkan

KPU mengusulkan penyelenggaraan pilkada diundur menjadi 2025

Saan Mustofa (Detak.co)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan penyelenggaraan pilkada diundur menjadi 2025 apabila pemilu digelar pada 15 Mei 2024. Ketua DPP NasDem, Saan Mustopa, meminta KPU tetap mengupayakan pilkada dilaksanakan November 2024.

"Opsi itu tentu nanti kita pertimbangkan terkait dengan apa yang KPU minta, tapi kita tetap minta KPU exercise jika pemilu 15 Mei dan pilkada tetap 27 November," ujar Saan kepada wartawan, Kamis (7/10).

"Sebelum menentukan opsi pengunduran pilkada ke bulan Febuari 2025, kita minta KPU coba mensimulasikan tahapan antara yang di tengah-tengah bulan Mei dan November. Dengan coba lakukan efisiensi tahapan antara tanggal 15 Mei ke 27 November," imbuhnya.



KPU Usul Pilkada Digelar 2025, PKS: Lebih Repot

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini mengatakan bahwa tahapan yang bisa diefisienkan nantinya kembali disimulasikan. Setelah mengetahui kondisinya maka akan dicarikan solusi lagi.

"Jadi tahapan mana yang bisa diefisienkan, disimulasikan secara lebih mikro lagi, misalnya terkait rekapitulasi suara, terkait PHPU nanti itukan tanggung jawab bersama KPU, Pemerintah DPR konsultasi dengan Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung. Waktu kampanye calon kepala daerah, bisa diefisenkan nggak," kata Saan.

KPU Usul Pilkada Digelar 2025, PDIP Tetap Usul Bulan November 2024

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait