Jitunews.Com
5 Oktober 2021 13:36 WIB

Sindir Legal Standing Pelapor Kasus Rasisme, Pigai Sebut Hanya Jokowi-Ganjar yang Bisa Melaporkannya

Marthen mengatakan bahwa cuitan Pigai tidak mengandung unsur rasisme karena menyebut wilayah administratif yaitu Jawa Tengah

Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai (suarapapua.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengaku akan mengikuti semua proses hukum terhadap kasus dugaan rasisme yang dilaporkan oleh Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) Adi Kurniawan.

"Kami tetap ikuti prosesnya," kata kuasa hukum Pigai, Marthen Goo, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (5/10/2021).

Meski demikian, Pigai, kata Marthen, menyindir legal standing atau kedudukan hukum pelapor. Subjek hukum pelapor disebut tidak jelas. Ia mengatakan kasus dugaan rasisme tersebut merupakan kasus delik sehingga hanya Jokowi maupun Ganjar yang bisa melaporkan Pigai.



Kritik Pemindahan Ibu Kota Negara, Rizal Ramli: Saya Nganggep Ini Ibu Kota Beijing Baru

"Jadi kami juga bingung, bagaimana mereka yang tidak punya legal standing atau subjek dalam proses pelaporan kemudian bisa melapor? Itu kan kemudian juga rancu," ujarnya.

Lebih lanjut, Marthen mengatakan bahwa cuitan Pigai tidak mengandung unsur rasisme karena menyebut wilayah administratif yaitu Jawa Tengah. Ia pun menyerahkan kepada publik agar menilai kasus tersebut apakah termasuk bentuk kritik atau rasisme.

"Kasus ini juga dapat menjadi bagian dari pendidikan publik. Biar publik juga tahu sebenarnya mana yang masuk kategori kritik dan kategori rasisme," tandasnya.

Diketahui, Natalius Pigai telah dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) Adi Kurniawan pada Senin (4/5/2021). Pigai disebut bertindak rasis terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah," tulis Pigai di akun Twitter-nya @NataliusPigai2, Jumat (1/10/2021).

 

Klaim Punya Bukti Rasisme Papua, Pigai: Saya Akan Laporkan Sri Sultan, Risma, Luhut, dan...
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait