Jitunews.Com
27 September 2021 14:27 WIB

Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, HIPMI Giatkan Vaksinasi bagi Pelaku UMKM

Tak hanya pelaku UMKM, vaksinasi juga menyasar pelajar di Kota Solo.

Kegiatan vaksinasi di Balaikota Solo (Dok. Jitunews/Iskandar)

SOLO, JITUNEWS.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bersama Pemerintah Kota Surakarta menggelar vaksinasi Covid-19 di Pendapi Gedhe Balaikota pada Senin (27/9). Langkah ini merupakan bentuk komitmen Hipmi dalam membantu pemerintah mewujudkan herd immunity.

Roy Wangintan dari Bidang 4 Perhubungan dan BUMN BPP HIPMI mengatakan vaksinasi ini menyasar warga, pelaku UMKM hingga pelajar di Kota Solo. Menurutnya, sistem jemput bola adalah langkah paling efektif untuk menjangkau berbagai elemen masyarakat.

“Prioritas warga Solo. Yang utama itu pelaku UMKM karena banyak yang belum tervaksin. Kalau masyarakat kalangan akademik maupun pejabat pemerintahan, biasanya mereka sudah divaksin,” ujar Roy di lokasi vaksinasi, Senin (27/9).



Blusukan ke Lokasi Vaksinasi, Puan: Ini Kepedulian Saya, Desember Capai Target

“Sehingga kita menyasar masyarakat yang tidak punya aware terhadap vaksin. Makanya, kita pakai sistem jemput bola. Kita gunakan bus untuk mengantarkan peserta vaksin ke lokasi,” lanjut dia.

Namun, Roy menekankan bahwa program bertajuk ‘Vaksin Aman Masyarakat Sehat’ ini tak menutup pintu bagi warga yang memiliki KTP di luar Solo. Asalkan, warga tersebut sejauh ini beraktivitas di Kota Bengawan.

“Tidak menutup kemungkinan kalau ada KTP di luar Solo tetapi bekerja di Solo, tak masalah. Seumpama ada orang dari Jawa Timur bekerja di Solo, tidak ada larangan untuk vaksin. Tapi mayoritas, hampir 99% masyarakat Solo,” terang Roy.

Untuk membenamkan potensi penularan Covid di lokasi vaksin, kata Roy, protokol kesehatan konsisten diterapkan secara ketat.

“Meski kerumunan itu ada, tetapi protokol kesehatan tetap kita jalankan. Seperti diwajibkan memakai masker, disediakan hand sanitizer di setiap sudut, menjaga jarak. Jadi jangan khawatir,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi di Pendapi Gedhe Balaikota ini juga didukung oleh jajaran TNI dan Polri. Sebanyak 4000 dosis vaksin dan 4000 paket beras @5kg ditargetkan tersalur kepada masyarakat dalam waktu dua hari, yakni 27-28 September 2021.

Sukseskan Program Pemerintah, HIPMI Gencarkan Vaksinasi di Daerah
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait