Jitunews.Com
26 September 2021 10:14 WIB

Petinggi Huawei Bebas, Dua Warga Kanada yang Ditahan China Akhirnya Ikut Dibebaskan

Dua warga negara Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, sudah ditangkap oleh China sesaat setelah pemerintah Kanada menahan CFO Huawei, Meng Wanzhou, pada 1 Desember 2018 atas permintaan Amerika Serikat.

Warga protes dua warga Kanada Michael Kovrig dan Spavor untuk segera dibebaskan (reuters)

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Dua warga negara Kanada yang ditahan oleh pemerintah China selama tiga tahun terakhir, Michael Kovrig dan Michael Spavor, akhirnya dibebaskan tak lama setelah Petinggi Huawei, Meng Wanzhou, kembali ke China pada Jumat malam setelah dibebaskan oleh pengadilan Kanada.

Pengumuman terkait pembebasan Kovrig dan Spavor disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang mengindikasikan bahwa keduanya diharapkan tiba di Kanada Sabtu pagi setelah meninggalkan wilayah udara China.

“Kedua pria ini telah melalui cobaan yang sangat sulit,” kata Trudeau dalam pidato publik tentang perkembangan tersebut, dikutip Sputniknews.



PBB Bilang Semua Negara Berkekuatan Nuklir Nantinya Harus Gelar Negosiasi Pengendalian Senjata

“Ini adalah kabar baik bagi kita semua bahwa mereka sedang dalam perjalanan pulang ke keluarga mereka,” tambahnya.

Pada Jumat malam waktu China, Kovrig dan Spavor dilaporkan sudah naik ke pesawat bersama Duta besar Kanada untuk China, Dominic Barton, setelah menghabiskan lebih dari 1.000 hari didalam tahanan. Korvig sebelumnya menjabat sebagai diplomat dan Spavor adalah seorang pengusaha.

Keduanya telah ditahan oleh China tak lama setelah Meng Wanzhou ditangkap di Bandara Internasional Vancouver pada 2018 atas permintaan dari AS, yang sebelumnya menuduhnya telah melanggar kebijakan sanksi yang dijatuhkan oleh AS terhadap Iran.

China sebelumnya juga menuding Kovrig dan Spavor telah membocorkan informasi rahasia milik China kepada pihak asing.

PBB Minta Semua Polemik soal Kerja Sama Pertahanan AUKUS Harus Diselesaikan Lewat Diplomasi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait