Jitunews.Com
26 September 2021 09:33 WIB

PBB Minta Semua Polemik soal Kerja Sama Pertahanan AUKUS Harus Diselesaikan Lewat Diplomasi

PBB tetap mendorong semua negara untuk mencapai perdamaian dan stabilitas melalui dialog dan negosiasi

(istimewa)

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Perlucutan Senjata PBB, Izumi Nakamitsu, pada Sabtu (25/9) mengatakan bahwa semua perbedaan pendapat mengenai pembentukan aliansi keamanan Australia-Inggris-AS (AUKUS), harus diselesaikan melalui diplomasi.

Ketika ditanya apakah AUKUS, yang diumumkan minggu lalu, akan berkontribusi pada stabilitas di kawasan atau justru akan merusaknya, Nakamitsu berkata, "Terlalu dini untuk mengatakannya."

"Posisi kami adalah kami mendorong semua negara untuk mencapai perdamaian dan stabilitas melalui dialog dan negosiasi," kata Nakamitsu, dikutip Sputniknews.



Kerja Sama Pertahanan Inggris-Australia-AS Bisa Bikin Uni Eropa Merapat ke Rusia

Ia mengatakan bahwa detail mengenai kerja sama trilateral antara Inggris, AS dan Australia tersebut sejauh ini masih belum banyak yang terungkap.

“Kami mendorong semua pihak untuk, nomor satu, pasti untuk terus mematuhi semua kewajiban NPT [Treaty on the Non-Proliferation of Nuclear Weapons]. Dan kemudian, dalam stabilitas regional, negara-negara terkait harus menyelesaikan perbedaan dan ketegangan apa pun melalui dialog dan diplomasi," kata Nakamitsu.

Sebelumnya, pembentukan AUKUS mendapat kecaman dari berbagai negara seperti China, Malaysia, Indonesia dan Rusia. Bahkan, AUKUS juga membuat Perancis harus berseteru dengan Australia.

China, Malaysia dan Indonesia menilai aliansi pertahanan baru tersebut dapat memicu perlombaan senjata yang akan mengancam stabilitas kawasan.

 

PBB Bilang Semua Negara Berkekuatan Nuklir Nantinya Harus Gelar Negosiasi Pengendalian Senjata
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait