Jitunews.Com
26 September 2021 08:53 WIB

Kerja Sama Pertahanan Inggris-Australia-AS Bisa Bikin Uni Eropa Merapat ke Rusia

Menteri Luar Negeri Rusia mengaku optimis jika terbentuknya kerja sama pertahanan trilateral antara Australia, Inggris dan AS bisa membawa dampak baik bagi hubungan Uni Eropa-Rusia

Bendera Rusia dan Uni Eropa (Sputniknews)

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Sabtu (25/9) mengatakan bahwa pakta keamanan AUKUS, yang dibentuk oleh Australia, Inggris dan Amerika Serikat secara tidak langsung dapat mempengaruhi hubungan antara Moskow dan Uni Eropa.

"Tentu saja, kami dapat merasakan konsekuensi dari apa yang terjadi di sana. Ini dapat memengaruhi hubungan kami dengan Uni Eropa, dapat membangkitkan minat Uni Eropa untuk akhirnya bekerja sama dengan kami, menggunakan keuntungan geopolitik dan geostrategis yang jelas berada di satu benua besar. - terutama karena pusat pembangunan global bergeser ke kawasan Asia," kata Lavrov, dikutip Sputniknews.

“Mengenai kesepakatan antara Australia, Amerika Serikat, dan Inggris atas kapal selam: secara umum, peristiwa ini, yang terjadi segera setelah penerbangan dari Afghanistan, tak pelak menimbulkan pertanyaan dari mereka yang merupakan bagian dari aliansi [Barat] ini. Prancis, Selain pelanggaran dari sudut pandang komersial, mungkin mempertimbangkan seberapa andal aliansi ini – dan bagaimana pembicaraan tentang otonomi strategis Eropa menjadi jauh lebih relevan sekarang," tambahnya.



Tuntutan terhadap CFEO Huawei Ditangguhkan oleh AS, Perusahaan: Huawei Akan Terus Membela Diri

Terbentuknya pakta trilateral yang diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden pada 15 September kemarin memungkinkan Australia mendapatkan teknologi kapal selam bertenaga nuklir dari Amerika dan Inggris. Hal itu telah mengakibatkan masalah besar antara Canberra dan Paris, karena Australia membatalkan kesepakatan kapal selam bernilai miliaran dolar dengan Prancis.

Korut Bersedia Tanda-Tangani Perjanjian Damai dengan Korsel
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait