Jitunews.Com
23 September 2021 09:44 WIB

Jokowi Minta Politisasi Vaksin Covid-19 Harus Diakhiri

Jokowi mengatakan bahwa untuk menghadapi pandemi Covid-19 maka sistem ketahanan kesehatan dunia harus disusun

Joko Widodo (Instagram @jokowi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa untuk menghadapi pandemi Covid-19 maka sistem ketahanan kesehatan dunia harus disusun. Jokowi menilai sistem yang harus diperkuat seperti yang telah dilakukan IMF atau Dana Moneter Internasional bidang keuangan.

"Kita harus menyusun mekanisme baru penggalangan sumber daya kesehatan dunia, termasuk untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia yang antara lain digunakan untuk pembelian vaksin, obat, dan alat kesehatan," ujar Jokowi, dalam keterangannya, Kamis (23/9).

Jokowi mengatakan bahwa standar protokol kesehatan global harus disusun untuk menyelaraskan standar di semua negara.



Pemerintah Diminta Terus Lobi WHO Agar Indonesia Menjadi Pusat Produksi Vaksin Global

"Indonesia berkomitmen dan mampu menjadi bagian dari rantai pasok global," kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam acara Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual.

Jokowi mengatakan bahwa ketimpangan vaksin corona antarnegara harus segera diatasi. Jokowi menyebut kerja sama berbagi dosis dan akes yang merata terhadap vaksin harus ditingkatkan melalui Covax Facility. Jokowi meminta politisasi dan diskriminasi vaksin harus diakhiri.

"Kemampuan dan kecepatan antarnegara dalam menangani Covid-19 termasuk vaksinasi, sangat timpang. Politisasi dan diskriminasi terhadap vaksin masih terjadi. Hal-hal ini harus bisa kita selesaikan dengan langkah-langkah nyata," kata Jokowi.

Kaesang Sebut Gaji Jadi Wali Kota Kecil, Ini Kata Gibran
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait