Jitunews.Com
26 Agustus 2021 14:16 WIB

Sebut Gabungnya PAN ke Koalisi Bak CLBK, Waketum: Jika Dikaitkan dengan Partai Ummat Seperti...

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa PAN sejak awal Reformasi selalu menjadi partai koalisi pendukung pemerintah

Zulkifli Hasan (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa partainya bergabung dengan koalisi pemerintah karena adanya hubungan baik antara Ketum Zulkifli Hasan (Zulhas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan bahwa hubungan keduanya bagaikan Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK).

"Pertama, memperkuat barisan di pemerintahan bersama partai koalisi agar dapat berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara melalui jalur pemerintahan. Upaya pemerintah untuk memberantas pandemi COVID-19 dan mempercepat program pemulihan ekonomi nasional perlu didukung dengan serius agar masyarakat bisa hidup dan bekerja dengan normal kembali," kata Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Viva mengatakan bahwa PAN sejak awal Reformasi selalu menjadi partai koalisi pendukung pemerintah, namun menjadi partai oposisi menjelang Pilpres 2019. Oleh karena itu, menurutnya wajar apabila saat ini PAN kembali menjadi partai koalisi pendukung pemerintah.



Soal Permen Wajib Persetujuan Presiden, Pengamat Nilai Komunikasi Kabinet Tidak Bagus

"Kedua, masuknya PAN di partai koalisi pemerintah, secara historis sudah menjadi sikap politik PAN sejak pemerintahan Presiden BJ Habibie tahun 1999 lalu," ujarnya.

"Apalagi hubungan Bang Zulkifli Hasan dengan Pak Jokowi sudah terjalin dengan baik sejak Pak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo sampai sekarang," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengaku keberatan apabila bergabungnya PAN ke parpol koalisi pemerintah dikaitkan dengan Partai Ummat yang didirikan oleh Amien Rais.

"Di periode pertama Pak Jokowi sebagai Presiden, PAN masuk sebagai partai koalisi pemerintah. Dan jika sekarang masuk lagi, ya namanya CLBK (cinta lama bersemi kembali) he-he. Jadi, jika dikaitkan dengan keberadaan Partai Ummat, maka itu seperti 'Jaka Sembung bawa golok', he-he," pungkasnya.

 

Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Usai PAN Bergabung Koalisi? Ini Kata PKB
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait