Jitunews.Com
9 Agustus 2021 09:19 WIB

Varian Baru Covid-19 Akan Terus Bermunculan, Peneliti China: Tidak Perlu Panik

Pakar virologi China mengatakan bahwa virus Covid-19 akan terus mengalami mutasi, sehingga umat manusia harus bersiap untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Shi Zhengli, salah satu pakar virologi China (istimewa)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Deputi Direktur Institut Virologi Wuhan (WIV), Shi Zhengli, memperingatkan bahwa seluruh dunia saat ini harus bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 seiring dengan penyebaran dan mutasi virus yang akan terus berlanjut.

Untuk diketahui, Shi Zengli telah mendapatkan julukan sebagai "Bat Woman" atau wanita kelelawar karena konsistensinya dalam melakukan penelitian terhadap virus Corona pada hewan kelelawar. Ia juga masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di tahun 2020 versi majalah Time.

"Kita tidak perlu panik, tapi kita perlu bersiap untuk berdampingan dengan virus dalam jangka waktu yang lama," ujar Zhengli dalam sebuah wawancara dengan media China pada Rabu tengah pekan lalu, dikutip Sputniknews.



Gencarkan Testing, Pemerintah Ingin Cepat Tangani Covid-19

Ia menambahkan bahwa "seiring dengan semakin besarnya angka kasus infeksi, hal itu membuat virus lebih berpeluang untuk bermutasi".

"Varian-varian baru akan terus muncul," tambahnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh pemerintahan di dunia untuk meningkatkan program vaksinasi Covid-19.

Pada awal tahun ini, media Amerika Serikat menuding Shi Zhengli telah berkolaborasi dengan sejumlah peneliti militer China terkait riset virus Corona pada 2019 lalu.

NBC News juga mengutip pernyataan David Asher, mantan penasihat kemenlu AS, yang mengatakan bahwa militer China sudah mendanai "program rahasia" yang melibatkan penyebaran virus Corona.

 

Kesal Akun Twitter Diretas, Rachland Nashidik: Kemerdekaan Berekspresi Saya Dirampas
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait