Jitunews.Com
8 Agustus 2021 04:15 WIB

Mahfud: Aparat Penegak Hukum Sekarang Ini Masih Jadi Masalah Besar

Mahfud menyebut ada hakim, jaksa, dan polisi yang ditangkap.

Mahfud MD (voi.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menyebut aparat penegak hukum di Indonesia masih menjadi masalah besar. Mahfud menyebut ada hakim, jaksa, dan polisi yang ditangkap.

"Kita tahu aparat penegak hukum sekarang ini masih jadi masalah besar. Ada hakim ditangkap, jaksa ditangkap, polisi ditangkap. Lalu kita marah-marah, 'ini ada pengurangan hukum bagi koruptor', dan sebagainya," ujar Mahfud dalam sebuah diskusi virtual peluncuran buku, Sabtu (7/8).

Mahfud mengatakan bahwa dari sudut politik hukum, pembuatannya sudah bermasalah. Mahfud menyebut pembuatan hukum saat ini masih banyak yang tawar-menawar.



Baliho Cak Imin Dikritik, PKB: Harus Melihatnya dari Sudut Pandang Positif

"Kalau kita lihat dari sudut politik hukum, pembuatannya sudah bermasalah. Kemudian penegakannya di tingkat legal structure-nya bermasalah, budaya hukumnya juga masih bermasalah," tuturnya.

"Pembuatan hukum itu kan sekarang banyak tawar-menawarnya. Bahkan ada juga menjadi berita di mana pasal-pasal tertentu itu dijualbelikan. Karut-marut kita di dalam pembuatan isi hukum," sambung Mahfud.

Mahfud mengatakan bahwa politik hukum di Indonesia pembuatan dan penegakkannya belum beres.

"Tetapi secara umum politik hukum kita itu di bidang pembuatannya belum beres, penegakannya apalagi. Kemudian budaya hukumnya yang mempengaruhi perilaku birokrasi demokrasi dan sebagainya itu juga kurang bagus. Turun malahan. Budaya hukum kita itu, badan budaya demokrasi kita dianggap turun karena di situ indikatornya itu toleransi, pluralisme," kata Mahfud.

Beredar Poster 'LBP for RI 1', Jubir Luhut: Selesai Bertugas Sebagai Menteri Akan Fokus Keluarga
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait