Jitunews.Com
7 Agustus 2021 05:30 WIB

Marak Hakim Sunat Vonis Koruptor, Yenny Wahid: Kalau Rakyat Marah, Sangat Dimaklumi

Yenny Wahid sebut koruptor seharusnya menerima hukuman yang sepadan dengan tindakannya

Yenny Wahid (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid menyoroti kinerja hakim yang memberi vonis ringan kepada sejumlah koruptor. Menurutnya, sudah selayaknya koruptor menerima hukuman yang sepadan dengan tindakannya, apalagi kata dia, yang memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk mencari keuntungan.

"Hukumannya jangan terlalu ringan, karena dia sudah mencuri (dari rakyat) yang susah dan tidak ada alasan. Karena pejabat-pejabat yang melakukan korupsi itu juga bukan orang yang tidak mampu," kata Yenny seperti dilansir CNNIndonesia, Jumat (6/8/2021).

Yenny menilai bahwa saat ini para hakim kerap memberikan diskon atau pengurangan masa hukuman kepada para koruptor. Ia menyebut hakim seharusnya bisa memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.



Gamblang! Dewi Tanjung Sebut Partai Demokrat Sarang Koruptor

"Tentunya kalau rakyat marah karena hukuman yang sangat rendah, sangat bisa dimaklumi. Inilah momennya, maksud saya hakim juga tolong lah. Kalau tidak bisa menolong orang di saat pandemi tolonglah pejabat-pejabat yang korup jangan juga dikasih diskon dan korting hukuman," kata putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Lebih lanjut, ia meminta agar hakim memberikan hukuman yang setimpal kepada koruptor. Menurutnya, hal tersebut bisa memberikan efek jera bagi para pejabat.

"Masyarakat sangat berhak untuk dibantu oleh negara karena sebagian besar masyarakat kita patuh pada negara. Nah ketika uangnya (bantuan) kebetulan belum ada, minimal kasih keadilan," pungkasnya.

 

Tak Persoalkan eks Koruptor Jadi Komisaris BUMN, Nusron: Tak Ada Orang Jahat Seumur Hidup
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait