Jitunews.Com
4 Agustus 2021 21:23 WIB

Menlu Brunei Ditunjuk jadi Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar

Sejumlah menteri luar negeri anggota ASEAN menunjuk Menteri Luar Negeri Brunei, Erywan Yusuf sebagai perwakilan ASEAN untuk Myanmar

Menteri Luar Negeri Brunei, Erywan Yusuf (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah menteri luar negeri dari negara anggota ASEAN, pada Rabu (4/8) telah menunjuk Menteri Luar Negeri Brunei, Erywan Yusuf, sebagai perwakilan khusus ASEAN untuk Myanmar.

Dilansir dari Reuters, Erywan nantinya ditugaskan untuk mengupayakan penyelesaian tindak kekerasan dan membuka dialog antara junta militer Myanmar dan pihak pemerintahan yang digulingkan guna mengakhiri situasi krisis politik yang terjadi di negara tersebut.

Sang diplomat juga akan mengawasi penyaluran paket bantuan kemanusiaan, meskipun tidak ada rincian bantuan yang diumumkan. Sejumlah menteri luar negeri ASEAN juga meminta Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan agar segera mulai program penyaluran bantuan sesuai dengan "pedoman kebijakan".



Kediaman Menhan Afghanistan Diserang Taliban, Delapan Orang Tewas

Seperti diketahui, Myanmar sudah terjebak dalam situasi krisis politik usai junta militer menggulingkan pemerintahan terpilih pimpinan Aung San Suu Kyi pada Februari lalu. Aksi kudeta pemerintahan tersebut menyulut kecaman dan protes, baik dari warga sipil Myanmar maupun pihak internasional.

Warga sipil juga mengadakan gerakan pembangkangan secara massal sehingga sebagian besar aktivitas perekonomian negara tersebut terhenti. Hal itu diperparah dengan sanksi yang dijatuhkan oleh pihak internasional.

PBB dan banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan China, sebelumnya juga telah mendesak ASEAN, untuk mempelopori upaya diplomatik dalam rangka memulihkan stabilitas di Myanmar.

India Segera Kirimkan Beberapa Kapal Perang ke Laut China Selatan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait