Jitunews.Com
28 Juli 2021 20:15 WIB

Ekonomi Rusia Pulih dari Covid-19 Lebih Cepat dari Prediksi IMF

IMF mengatakan meski PDB Rusia mengalami pertumbuhan pada kuartal pertama tahun ini, namun hal itu bisa saja kembali mengalami perubahan mengingat situasi sebaran Covid-19 saat ini semakin sulit untuk diprediksi

Bendera Rusia (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa pertumbuhan PDB Rusia pada kuartal pertama tahun ini menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut mengalami pemulihan dari situasi pandemi Covid-19 lebih cepat dari yang sebelumnya diperkirakan.

Menurut laporan IMF, ekonomi Rusia pada tahun 2021 ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan hingga 4,4 persen atau 0,6 persen lebih tinggi dibanding dengan prediksi yang dibuat oleh lembaga tersebut pada April lalu.

"Pada kasus Rusia, kami sudah melihat adanya pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Jadi, pertumbuhan PDB mereka sudah lebih kuat dibanding dengan prediksi kami sebelumnya," kata Kepala pakar ekonomi IMF, Gita Gopinath, dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Selasa (27/7), dikutip RT.com.



Disebut Segera Bentuk Pasukan Militer Gabungan dengan Azerbaijan, Begini Klarifikasi Parlemen Turki

Meski demikian, pertumbuhan tersebut bisa saja mengalami perubahan di kuartal-kuartal selanjutnya, mengingat penyebaran wabah Covid-19 saat ini semakin sulit untuk diprediksi.

"Masih ada tantangan di depan, pandemi masih belum selesai, kami sudah melihat adanya peningkatan kasus (infeksi), tingkat vaksinasi terus meningkat tapi belum seluruh (populasi)nya ter-cover," jelasnya.

Sementara itu, seorang pejabat IMF lainnya mengungkapkan bahwa pemulihan ekonomi Rusia terjadi lebih cepat dari yang diharapkan.

"Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kami melihat adanya tanda penguatan, dan ini tidak hanya terjadi pada sektor manufaktur namun juga pembukaan perekonomian dan peningkatan kekuatan sektor layanan," kata Petra Koeva Brooks, kepala Departemen Kajian, Kebijakan, dan Strategi IMF.

PM Pakistan Bilang AS Bikin Konflik Afghanistan Semakin Berantakan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait