Jitunews.Com
28 Juli 2021 19:14 WIB

Bertemu dengan Menlu China, Delegasi Taliban Bahas Situasi Keamanan Afghanistan

Sembilan orang perwakilan Taliban pada Rabu (28/7) dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan Menlu China, Wang Yi, di Tianjin, guna membahas sejumlah isu, termasuk situasi terkini di Afghanistan

Salah satu juru bicara kelompok militan Taliban, Mohammed Naeem (Reuters)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pihaknya telah meminta kepada Taliban untuk memainkan sebuah peran penting dalam penyelesaian perang di Afghanistan dan pembangunan kembali negara tersebut. Permintaan tersebut disampaikan secara langsung kepada sejumlah delegasi kelompok militan tersebut yang datang berkunjung ke Tianjin pada Rabu (28/7).

Sembilan orang perwakilan Taliban diberitakan sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di Tianjin dan mereka akan berada di sana selama dua hari untuk membahas mengenai sejumlah isu, termasuk isu keamanan dan proses perdamaian Afghanistan.

"Politik, ekonomi dan isu terkait keamanan kedua negara dan situasi terkini di Afghanistan serta proses perdamaian telah dibahas dalam pertemuan tersebut," kata juru bicara Taliban, Mohammed Naeem, dikutip Reuters.



Joe Biden Tuduh Rusia Kembali Ikut Campur dalam Pemilu Parlemen AS 2022

Seperti diketahui, situasi di Afghanistan belakangan ini semakin memburuk, seiring dengan proses penarikan pasukan tentara AS dari negara tersebut pada awal September mendatang. Taliban saat ini terus melakukan pergerakan ofensif dan berhasil mengambil alih sejumlah wilayah di Afghanistan. Sementara itu, proses pembicaraan damai antara Taliban dengan pemerintah Afghanistan yang digelar di Doha, Qatar, sejauh ini juga belum mencapai progres yang signifikan.

"Delegasi (Taliban) memastikan kepada China bahwa mereka tidak akan membiarkan siapapun untuk memanfaatkan tanah Afghanistan untuk melawan China," kata Naeem.

"China juga menegaskan komitmen mereka untuk terus melanjutkan bantuan mereka kepada Afghanistan dan mengatakan bahwa mereka (China) tidak akan melakukan intervensi isu dalam negeri Afghanistan, namun mereka tetap berupaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan dan mengembalikan perdamaian di negara ini," lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, berharap bahwa Taliban mampu menekan Gerakan Islam Turkestan Timur yang selama ini menjadi sebuah ancaman terhadap keamanan nasional China. Menurut China, gerakan tersebut merupakan sebuah kelompok militan yang aktif beroperasi di kawasan provinsi Xinjiang.

 

Joe Biden Minta Alokasi Anggaran Hingga USD 1 Miliar untuk Relokasi Warga Afghanistan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait