Jitunews.Com
28 Juli 2021 12:00 WIB

Joe Biden Minta Alokasi Anggaran Hingga USD 1 Miliar untuk Relokasi Warga Afghanistan

Presiden AS dikabarkan akan meminta pihak Kongres untuk menyediakan anggaran hingga USD 1 miliar untuk membantu proses relokasi warga Afghanistan yang telah membantu pasukan AS di masa perang

Joe Biden (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden telah meminta Kongres untuk mengalokasikan anggaran hingga US$ 1 miliar untuk merelokasi warga negara Afghanistan yang selama ini membantu pasukan Amerika dalam melawan kelompok militan Taliban. Hal itu pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada Selasa (27/7).

Anggaran tersebut akan dibagi antara Departemen Luar Negeri dan Pertahanan, dengan $ 25 juta juga diberikan kepada Lembaga Pelayanan Kesehatan dan Kemanusiaan bidang pengungsian.

Seorang narasumber anonim yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa dana bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar tempat tinggal, pembangunan pemukiman dan kebutuhan lainnya.



Militan Irak Minta AS Segera Tarik Keluar Semua Tentaranya

Sebelumnya, pada Jumat pekan lalu, Joe Biden juga sudah meminta pihak Kongres untuk menyetujui alokasi anggaran senilai USD 100 juta yang akan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi asal Afghanistan seiring dengan memburuknya situasi konflik di negaranya.

Amerika Serikat juga tengah bersiap untuk memulai proses evakuasi ribuan pemohon visa khusus (SIVs) warga negara Afghanistan yang beresiko menjadi sasaran serangan Taliban karena telah bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir.

EVakuasi tahap pertama diperkirakan akan dilakukan pada akhir bulan ini, dimana para pencari suaka asal Afghanistan beserta keluarganya akan diterbangkan ke Amerika Serikat, tepatnya ke Fort Lee, sebuah pangkalan militer yang berada di wilayah negara bagian Virginia. Mereka nantinya akan berada di fasilitas tersebut untuk menunggu proses final pengajuan visa khusus (SIVs).

Joe Biden Tuduh Rusia Kembali Ikut Campur dalam Pemilu Parlemen AS 2022
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait