Jitunews.Com
27 Juli 2021 10:57 WIB

Cara Efektif Memasarkan Produk Kecantikan melalui Sistem Jaringan

Salah satu strategi marketing yang masih tetap efektif sampai dengan saat ini adalah sistem jaringan, atau network marketing.

Ilustrasi operasi kecantikan. (shutterstock)

Semakin banyak orang yang menekuni bisnis, maka semakin besar tantangan dalam memasarkan produk. Karena itu, kita perlu untuk mengenali tantangan tersebut, dan kemudian mencari strategi yang paling tepat untuk bisa dongkrak penjualan di antara produk yang lainnya. Terutama untuk produk kecantikan, yang kian hari semakin banyak penggunanya.

Salah satu strategi marketing yang masih tetap efektif sampai dengan saat ini adalah sistem jaringan, atau network marketing. Strategi ini dianggap merupakan taktik jitu untuk berbisnis, terutama jika Anda masih cukup minim skill dan tidak memiliki modal yang terlalu besar, tetapi ingin melejitkan bisnis dengan segera. Strategi ini juga banyak diaplikasikan sebagai cara efektif memasarkan produk kecantikan.

Seperti apa aplikasi cara efektif memasarkan produk kecantikan dengan sistem jaringan atau network marketing ini? Mari kita lihat.



5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami Buatan Sendiri

Cara Efektif Memasarkan Produk Kecantikan dengan Sistem Jaringan

1. Pelajari marketing plan

Pihak perusahaan biasanya sudah memiliki marketing plan terstruktur yang rapi. Maka dari itu, penting bagi pemasar untuk mempelajari marketing plan ini agar nantinya lebih efektif memasarkan produk kecantikan kepada target pasarnya.

Jika ada yang kurang dipahami, pergunakan kesempatan untuk bertanya lebih lanjut.

2. Product knowledge adalah kunci

Setiap pemasar haruslah memiliki product knowledge yang baik, sehingga ketika target pasarnya memiliki kebutuhan tertentu, pemasar dapat menawarkan solusi yang pas dan sesuai.

Karenanya, jika ingin memasarkan produk kecantikan dengan sistem jaringan ini secara efektif, product knowledge menjadi kunci.

3. Berorientasi pada kebutuhan pelanggan

Tugas seorang pemasar pada dasarnya adalah memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat melalui produk yang dipasarkannya.

Karena itu, setelah product knowledge memadai, tugas seorang pemasar berikutnya adalah mencari tahu masalah yang sering dihadapi oleh target pasar yang menjadi sasaran pemasaran produk kecantikan yang akan dijualnya.

Kejelian mengenali kebutuhan target pasar dengan keunggulan produk akan menjadi satu cara efektif memasarkan produk kecantikan dengan sistem jaringan ini.

4. Jalin komunikasi yang baik dengan jaringan di atas maupun di bawah Anda

Namanya juga network marketing, maka inti dari strategi pemasaran ini adalah pada network yang menjadi aset terbesarnya. Karena itu, sediakanlah waktu setiap hari untuk menjalin komunikasi, baik dengan jaringan di atas Anda, maupun yang berada di bawah Anda.

Ingat, jaringan tidak akan bisa berkembang dengan sendirinya. Perlu adanya Anda dan orang-orang yang bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkannya. Karena itu, Anda juga bisa membuat kegiatan-kegiatan tertentu untuk meningkatkan kompetensi, selain juga bertujuan untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat.

Misalnya saja mengadakan pelatihan pemasaran, pelatihan leadership, public speaking, dan lain sebagainya. Sekarang ini siapa pun juga dapat membuat pelatihan sendiri secara online kan? Berbekal aplikasi meeting online yang bisa digunakan secara gratis, Anda bisa mengadakan kelas private kecil yang hangat.

5. Menjadi pendengar yang baik

Mendengarkan itu bukan skill yang dengan mudah dikuasai. Padahal ini adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh seorang pemasar, apalagi bagi Anda yang memasarkan produk kecantikan dengan sistem jaringan. Mengapa? Karena Anda akan berhubungan dengan orang banyak.

Tanpa keterampilan ini, maka Anda tidak akan dapat mencari kebutuhan target pasar. Prospek bahkan bisa jadi akan merasa, bahwa sebenarnya Anda tak menaruh perhatian pada mereka. Anda hanya ingin memaksa mereka bergabung ke dalam jaringan Anda.

Nah, ini yang perlu dihindari.

Cara menghindarinya cukup sederhana, yakni dengan mendengarkan kebutuhan mereka, dan membantu mencari solusi dari jaringan yang sudah tersedia.

Pemasaran Produk Kecantikan dengan Sistem Jaringan yang Efektif

Salah satu jaringan pemasaran produk kecantikan yang sangat solid dan populer adalah Oriflame Indonesia.

Dengan strategi pemasaran produk kecantikan bersistem jaringan, Oriflame Indonesia memberikan penawaran harga khusus bagi orang yang tergabung menjadi membernya. Potongan harga dan juga diskon ini tak hanya akan menambah penjualan, namun juga bisa membuat konsumen menjadi loyal dan akan kembali melakukan pembelian di masa datang.

Sistem pemasaran dengan jaringan pemasaran ini juga memungkinkan Oriflame Indonesia untuk bisa dijangkau di berbagai daerah di Indonesia, bahkan daerah yang belum familier dengan internet dan belanja online.

Melalui agen-agen Oriflame Indonesia yang tersebar di mana-mana, konsumen bisa menjangkau produk kecantikan yang memiliki jaminan mutu ini dengan mudah.

Konsumen tak perlu repot mendatangi agen, karena agenlah yang akan datang membawa katalog dan juga mengantarkan barang yang ingin dipesan, sehingga dengan sendirinya aspek kepercayaan atau trust dari konsumen bisa terbangun.

Aspek trust inilah yang bisa membuat pembeli bertahan dan di masa depan akan kembali membeli produk-produk Oriflame Indonesia.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk belajar lebih lanjut mengenai cara efektif memasarkan produk kecantikan melalui sistem jaringan ini?

Cara Agar Make Up Tidak Mudah Luntur
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait