Jitunews.Com
8 Juli 2021 07:00 WIB

Tagih Janji Jokowi, TP3 Bakal Serahkan 'Buku Putih' Fakta Pembunuhan Enam Laskar FPI

Marwan mengatakan bahwa substansi 'Buku Putih' adalah fakta pembunuhan 6 laskar FPI yang masuk dalam kategori tindak pidana pelanggaran HAM berat, bukan tindak pidana biasa

Joko Widodo dan Amien Rais (Sekretariat Kabinet)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) meluncurkan 'Buku Putih' yang berisi data dan fakta terkait pembunuhan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 secara virtual pada Rabu (7/7/2021). Buku tersebut rencananya akan diserahkan kepada Menko Polhukam Mahfud Md dan Presiden Joko Widodo.

"Pembunuhan terhadap enam pengawal HRS merupakan kejahatan kemanusiaan dan pelanggaran HAM berat. Sehingga seharusnya digelar pengadilan HAM sesuai Undang-undang Nomor 26 Tahun 2020," kata sekretaris TP3, Marwan Batubara.

Marwan mengatakan bahwa substansi buku tersebut adalah fakta pembunuhan 6 laskar FPI  yang masuk dalam kategori tindak pidana pelanggaran HAM berat, bukan tindak pidana biasa. Ia pun meyakini bahwa insiden pembunuhan tersebut tidak hanya melibatkan aparat kepolisian.



Desak Pemerintah Minta Maaf Gagal Kontrol Covid, Kaolisi LSM: Berikan Solusi Konkret!

"Namun melibatkan kekuatan bersenjata lain dan aparat lain secara sistematis," ujarya.

Lebih lanjut, Marwan mengatakan bahwa buku tersebut akan diserahkan ke Menko Polhukam Mahfud Md dan Presiden Joko Widodo. Pasalnya, kata dia, Jokowi pernah berjanji mengungkap kasus tersebut secara transparan. Dimana janji tersebut tertuang saat TP3 bertemu dengan Jokowi di Istana Negara pada 10 Maret 2021.

"Buku putih ini dapat jawab pertanyaan publik siapa yang bertanggung jawab dalam peristiwa itu," ucapnya.

Minta Kepala Daerah Blusukan Cek Penanganan Covid-19, Jokowi: Semua Harus Disiapkan!
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait