Jitunews.Com
8 Juli 2021 04:30 WIB

Efektivitas Ganjar Pranowo Paling Unggul, Sulindo: Prabowo Sudah Optimal, Tidak Mungkin Ada Pergerakan Maksimal

Efektivitas Ganjar sebesar 0,26 persen lebih tinggi dari Prabowo Subianto yang memiliki efektivitas elektabilitas sebesar 0,25 persen.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (beritasatu)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Surveylink Indonesia (Sulindo) Wempy Hadir mengatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranwo memiliki tingkat efektivitas elektabiltas paling tnggi sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Ia mengatakan bahwa efektivitas Ganjar sebesar 0,26 persen lebih tinggi dari Prabowo Subianto yang memiliki efektivitas elektabilitas sebesar 0,25 persen.

"Ketika saya melakukan perhitungan seperti apa tingkat efektivitasnya, ternyata tingkat efektivitas (elektabilitas) paling tinggi ada di figur Ganjar 0,26 persen," kata Wempy dalam diskusi virtual yang diselenggarakan PARA Syndicate, Rabu (7/7/2021).

Wempy menerangkan bahwa pengujian efektivitas dilakukan menggunakan survei Puspoll Indonesiaa yang dilakukan dalam periode 20 hingga 29 April 2021. Survei tersebut menggunakan multitasge random samping tehadap 1.600 responden dengan margin of error 2,45 pada tingkat kepercayaan 95 persen. Ia pun menjelaskan bahwa efektivitas elektabilitas adalah hasil yang diperoleh dari pengujian elektabilitas dibagi popularitas.



Prabowo Disebut Menang Pilpres Jika Berpasangan dengan Anies, Voxpol: Bila dengan Puan Hanya 1,4 Persen

Ia mengatakan bahwa hasil efektivitas elektabilitas ini menunjukkan bahwa Ganjar memilik potensi paling besar di Pilpres 2024 dibanding tokoh lain.

"Maknanya, kalau Ganjar Pranowo semakin dikenal publik maka dia punya potensi untuk mengalahkan figur lain. Sementara Prabowo, kalau kita lihat pada popularitas itu sudah optimal tidak mungkin ada pergerakan maksimal karena dia sudah 92 persen," ujarnya.

Soal Pengaruh Rizieq Shihab di Pilpres 2024, Ini Kata JK
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait