Jitunews.Com
18 Juni 2021 08:22 WIB

Porang Angkat Harkat Warga, Menko PMK: Saya Jadi Saksi Hidup

Tanaman porang punya andil besar dalam mengentaskan kemiskinan di Madiun.

Menko PMK bersama Mentan dan Gubernur Jatim, panen porang di hutan Madiun (kemenkopmk.go.id)

MADIUN, JITUNEWS.COM - Porang saat ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Salah satu daerah yang membudidayakan porang sebagai komoditas unggulan adalah warga kawasan hutan di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tanaman porang punya andil besar dalam mengentaskan kemiskinan di Madiun.

Pria asal Madiun ini menceritakan sudah akrab dengan porang sejak menjadi mahasiswa IKIP Malang jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) . Sekitar empat dasawarsa lalu, Muhadjir melaksanakan praktik (Kuliah Kerja Nyata) dengan menginisiasi program pengelolaan tanaman porang di Desa Klangon, Madiun.



Bandung Raya Siaga 1, Menko PMK Minta Prokes Diperketat

"Saya menjadi saksi hidup. Wilayah ini dulu wilayah miskin. Karena porang lah daerah sini terangkat dan sekarang mereka hidup sangat layak," ujarnya saat melakukan panen porang bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Kamis (17/6).

Dalam kesempatan itu, Menko Muhadjir meminta kepada Mentan Syahrul agar kesejahteraan petani porang di Madiun bisa tetap terjamin saat produk porang sudah menuju internasional.

"Karena itu saya harus meminta kepastian dari Pak Mentan bahwa nanti perkembangan industri porang ini harus bisa menjamin masyarakat petani porang tetap terjamin kesejahteraannya," tutur Muhadjir.

"Jangan sampai porang nanti sudah menjadi komoditas internasional itu justru nasib petani porang menjadi terpuruk," imbuh Muhadjir.

Muhadjir menerangkan, porang juga memiliki khasiat untuk kesehatan, yakni kandungan glukomanan yang bisa bermanfaat untuk kecantikan dan untuk diet sehat. Karena itu, kata dia, porang harus betul-betul bisa menjadi komoditas yang bisa mensejahterakan masyarakat.

"Porang ini sangat menjanjikan dan harus kita kawal betul. Nanti bila terjadi hilirisasi kemudian riset buat varietas itu betul-betul bisa menjamin masyarakat petani porang terjamin kesejahteraannya syukur-syukur meningkat," pungkasnya.

Kunjungi Desa 'Lockdown' karena Kluster Hajatan di Madiun, Meko PMK: Tidak Boleh Kunci Seluruh Daerah!

Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait