Jitunews.Com
17 Juni 2021 17:00 WIB

Desak Pemerintah Tegas Kawal Penerapan Prokes, Epidemiolog: Jika Tidak, 2-4 Minggu Lagi Kita Kolaps

Epidemiolog sebut penerapan prokes yang ketat menjadi kunci utama dalam menekan lonjakan kasus Covid-19.

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane mendesak agar pemerintah tegas mengawal penerapan protokol kesehatan Covid-19. Pasalnya, kata dia, Indonesia tengah mengalami lonjakan kasus yang sangat tinggi.

"Pengawasan di lapangan itu dibutuhkan untuk memantau apakah regulasi kita itu memang dilaksanakan dengan baik itulah tugas teman-teman di Satgas dan TNI Polri agar bisa mengawal penerapan regulasi," kata Pane dalam siaran live BNPB, Kams (17/6/2021).

Pane mengatakan bahwa penambahan kapasitas tempat tidur di rumah skait bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi membludaknya pasien Covid-19. Menurutnya, penerapan prokes yang ketat menjadi kunci utama dalam menekan lonjakan kasus Covid-19.



Corona Varian India Mengancam, Epidemolog: Hentikan Aktivitas yang Tidak Perlu

Oleh karena itu, ia memprediksikan bahwa Indonesia akan kolaps dalam waktu 2-4 minggu kedepan apabila pemerintah tidak serius mengendalikan Covid-19. Ia pun mengatakan bahwa strategi penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa berjalan hanya satu aspek saja. Namun perlu ada sinergi dari pemerintah dan masyarakat yang menjalankan perannya masing-masing.

"Jika tidak ada containment, tidak ada pengendalian yang tepat dan cepat saya bisa katakan 2 minggu sampai 1 bulan lagi kita sudah akan kolaps," ujarnya.

Sebut Jakarta Sedang Tidak Baik-baik, Kapolda Metro Jaya Ingatkan Hal Ini
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait