Jitunews.Com
11 Juni 2021 05:00 WIB

Bantah Selundupkan Pasal TWK di Perkom, Pimpinan KPK: Semuanya Berkembang Dinamis

Nurul Ghufron mengatakan bahwa draf Perkom 1/2021 sudah diunggah di portal KPK sejak 16 November 2020.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat memberikan arahan pada Dialog Kebangsaan, di Kantor PANRB (jitunews/Nurman)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pegawai KPK mengungkapkan bahwa ada pasal 'selundupan' yang dilakukan oleh pimpinan KPK terkait tes wawasan kebangsaan (TWK) ke dalam Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Padahal pasal itu disebut tidak pernah dibahas dalam rapat pembahasan penyusunan draf alih status pegawai yang dilkaukan pertama kali pada bulan Agustus 2020.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron membantah dengan tegas terkait adanya pasal selundupan. Ia mengaku bahwa penyusunan draf telah dilakukan secara transparan.

"Tidak benar ada Pasal selundupan, Pasal yang tidak pernah dibahas. Semuanya melalui proses pembahasan dan semua terbuka," kata Ghufron di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Kamis (10/6/2021).



Minta Hasil TWK Diberikan, Novel Dkk Ibaratkan Seperti Rekam Medis

Nurul Ghufron mengatakan bahwa draf Perkom 1/2021 itu sudah diunggah di portal KPK sejak 16 November 2020. Ia pun mengatakan bahwa gagasan mengenai asesmen TWK muncul dalam pembahasan lanjutan draf Perkom tersebut.

"Maka, muncullah saat rapat di Kemenkumham atau Kemenpan-RB ide asesmen terhadap wawasan kebangsaan," terang Ghufron.

"Jadi, tidak benar kalau kemudian prosesnya muncul di tengah jalan, tapi tentu semuanya berkembang dinamis," pungkasnya.

Wapres Kritik Pertanyaan Pilih Pancasila atau Alquran, Jubir: Enggak Ada Hubungannya dengan TWK KPK
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait