Jitunews.Com
21 Mei 2021 14:45 WIB

Presiden Iran Optimis AS Bakal Cabut Sanksi atas Teheran

Presiden Iran Hassan Rouhani mengaku sangat optimis jika AS akan mencabut sejumlah sanksi yang selama ini menjerat perekonomian Iran

Iran-AS (CGTN)

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani pada Kamis (20/5) mengatakan bahwa pemerintah AS siap mencabut sejumlah sanksi yang selama ini menjerat beberapa sektor perekonomian Iran seperti industri minyak mentah, perbankan, hingga layanan pengiriman kargo. Sanksi tersebut diketahui sudah diberlakukan sejak mantan Presiden Donald Trump membawa AS keluar dari perjanjian nuklir Iran tiga tahun lalu.

Iran dan sejumlah pihak internasional, termasuk AS, sejak bulan April lalu tengah melakukan negosiasi di Vienna, Austria, terkait upaya AS kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir dan Iran kembali mematuhi aturan yang telah disepakati dalam perjanjian tersebut.

Pemerintah Iran sendiri sebelumnya mendesak AS untuk mencabut semua sanksi yang dijatuhkan terhadap Teheran jika ingin kembali masuk ke dalam pernjanjian nuklir JCPOA tersebut. Namun, AS menegaskan bahwa mereka bersedia mencabut sanksi asalkan Iran mau mematuhi aturan yang sudah disepakati, dengan menghentikan program nuklirnya.



Hampir 70 Persen Perusahaan Jepang Minta Olimpiade Tokyo Dibatalkan atau Ditunda

"Pembicaraan di Vienna adalah mengenai isu minor. Mereka (Amerika Serikat) bersedia mencabut sanksi-sanksi pada sektor minyak dan pengiriman Iran, begitu juga sanksi terhadap Bank Sentral dan sektor lainnya," kata Rouhani, dikutip Reuters.

Namun, seorang pejabat senior Iran mengatakan bahwa Washington tidak berniat untuk mencabut sanksi yang mereka jatuhkan terhadap ekonomi Iran secara penuh.

"Washington hanya berencana menangguhkan untuk sementara waktu beberapa sanksi dalam berbagai macam langkah," kata seorang pejabat pemerintah Iran yang tidak disebutkan namanya.

Harga Bitcoin Kembali Naik, Tembus Rp 600 Juta
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait