Jitunews.Com
20 Mei 2021 09:15 WIB

5 Wisata Alam Eksotik yang Jarang Diketahui di Kalimantan Utara

Berikut wisata alam eksotis di Kalimantan Utara yang masih jarang dikunjungi wisatawan

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pada tahun 2015 ibu kota Provinsi Kalimantan Utara secara resmi adalah Kota Tanjung Selor, sehingga kota tersebut mengalami kemajuan dalam bidang infrastrukturnya. Kota Tanjung selor memang memiliki potensi budaya dan juga wisata alamnya yang kaya, tentu saja kemajuan Tanjung selor sekarang ini dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki termasuk dalam hal ini adalah potensi wisatanya.

Di Kota Tanjung selor ada banyak pilihan tempat wisata untuk kamu yang hendak berwisata alam, dari mulai destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah sampai dengan wisata alam yang sangat eksotik alami.

Pantai Amal, Kota Tarakan



Tobelo, Surga Kecil yang Tersembunyi di Halmahera Utara

Tempat wisata kedua adalah Pantai Amal yang terletak tidak jauh dari Kota Tarakan pusat, Tanjung Selor, memiliki jarak tempuh kisaran 11 km dan waktu tempuh kisaran 20 menit. Pantai Amal memiliki pantai yang masih alami.

Warna pasir di pantai ini berwarna coklat dan untuk kamu yang senang melihat matahari terbir, tempat ini merupakan lokasi yang tepat. Tidak hanya itu saja, kuliner yang khas pantai amal juga sangat menggoda untuk dicoba, salah satu makanan khas disini adalah kapah.

Kapah sendiri adalah makanan berbahan dasar kerang yang memiliki cangkang serta daging yang berwarna putih dan diolah dengan menggunakan bumbu khas daerah sekitar Pantai Amal. Untuk masuk lokasi wisata ini, wisatawan harus mengeluarkan uang untuk biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Crown Water Sport, Tanjung Selor

Tempat wisata terbaik di Kalimantan Utara adalah Crown Water Sport. Tempat wisata ini juga seringkali disebut sebagai sungai KM 16. Disini kamu bisa berendam di air terjunnya, selain itu wisatawan juga bisa menikmati cliff jumping yang disediakan atau bisa melompat dari tebing ke kolam air terjun yang sangat dalam.

Untuk kamu yang tidak membawa bekal makanan tidak perlu khawatir, karena di tempat wisata ini ada banyak pedagang musiman sehingga kamu tetap bisa menikmati cemilan sambil bersantai di tempat ini.

Biaya Tiket yang harus kamu persiapkan juga sangat terjangkau yaitu dengan membayar sebesar Rp 5.000 per orangnya, wisatawan juga bisa menikmati wisata disini sambil berfoto-foto bersama keluarga maupun pasangan.

Pantai Eching

Pantai ini bisa dibilang adalah tempat wisata satu-satunya untuk masyarakat yang tinggal di perbatasan Indonesia khususnya untuk perbatasan Tanjung Selor dengan Malaysia. Pantai ini juga telah banyak menarik perhatian wiatawan untuk ikut menikmati keindahan dari suasana yang ada di pantai ini.

Cara menikmati keindahan di pantai ini, kamu bisa melakukannya dengan berjalan-jalan bersama dengan pasangan di pinggir pantai, menikmati beragam kuliner khas di pinggir pantai, berpiknik atau bermain bola voli dipinggiran pantai bersama kawan-kawan atau keluarga.

Ombak di pantai eching juga terbilang tenang, sehingga aman untuk kamu yang ingin membawa anak kecil dan berenang disana.

Kebun Raya Binusan

Di Kebun Raya Binusan ini memberikan suasana yang berbeda yaitu adanya pemandangan alam hutan yang sejuk dan masih alami, lengkap dengan flora dan juga fauna yang ada didalamnya. Jika kita memasuki hutan ini, sangat terasa sekali suasana kental dari hutan tropisnya, disini wisatawan akan mendengar suara serangga hutan dan terkadang juga ada suara dari burung enggang.

Kebun Raya Binusan ini memiliki kawasan lebih dari 74 hektar, ada beragam tumbunhan juga yang hidup di hutan ini diantaranya toga, mangrove, bangkirai, meranti, gaharu, keruing, kayu ules, kempasu, nibung dan juga tumbuhan paku.

Tidak hanya itu, di Kebun Raya Binusan juga ada Air Terjun Binusan yang indah dan masih alami. Kamu bisa mengunjungi Kebun Raya Binusan setiap harinya dari mulai jam 8 pagi samapi jam 5 sore WITA.

Air Terjun Sianak

Terakhir adalah destinasi wisata yang berada di Desa Banbangan, Sebatik, Nunukan , Tanjung Sleor yaitu Air terjun sianak. Tempat wisata ini memiliki tiga tingkat tebing, dan tebing inilah yang membuat tempai wisata ini terlihat cantik nan eksotik.

Untuk mencapai air terjun ini tidak jauh, hanya berjarak kisaran 3 km dari pusat keramaian di Sebatik.

Bagaimana? Tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi lebih dulu? Nah, untuk mencapai semua lokasi wisata diatas kamu bisa melalui jalur pesawat dengan Pesan Susi Air dari Bandara Juwata Internasional di Tarakan menuju ke Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor.

7 Wisata Solo yang Hits dan Instagramable
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait