Jitunews.Com
18 Mei 2021 13:30 WIB

China Siap Fasilitasi Negosiasi Damai Afghanistan-Taliban

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan bahwa pihaknya siap menjadi tuan rumah pembahasan damai antara pihak Taliban dengan pemerintah Afghanistan

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (China Daily)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China menawarkan diri untuk menggelar pembicaraan antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat berbincang dengan Penasihat Keamanan Nasional Afghanistan Hamdullah Mohib melalui sambungan telepon.

"China siap untuk memfasilitasi proses negosiasi inter-Afghanistan, termasuk mengkondisikan pembicaraan di China," kata Wang Yi dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Sputniknews.

Menurut Wang Yi, keputusan AS untuk menarik seluruh pasukan militernya dari Afghanistan telah memicu terjadinya situasi yang tidak menentu di negara tersebut.



Konflik Israel-Palestina Bakal Memburuk Jika AS Lanjutkan Negosiasi Perjanjian Nuklir dengan Iran

"Meski demikian, perdamaian adalah tren umum, yang sangat konsisten dengan kepentingan fundamental dan jangka panjang rakyat Afghanistan, dan juga merupakan aspirasi umum seluruh komunitas internasional," tambahnya.

Seperti diketahui, konflik antara pemerintah Afghanistan dan kelompok militan Taliban hingga kini masih berlanjut meski kedua pihak sudah menggelar sejumlah negosiasi damai. Intensitas konfrontasi tersebut semakin meningkat usai Amerika Serikat dan negara lain mulai menarik pasukannya keluar dari Afghanistan yang diharapkan penarikan pasukan tersebut akan segera selesai pada 11 September mendatang.

 

Tesla Disalahkan atas Merosotnya Nilai Bitcoin, Begini Klarifikasi Elon Musk
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait