Jitunews.Com
18 Mei 2021 12:00 WIB

Konflik Israel-Palestina Bakal Memburuk Jika AS Lanjutkan Negosiasi Perjanjian Nuklir dengan Iran

Tim lobbyist Israel menyebut langkah AS kembali masuk ke perjanjian nuklir dengan Iran dapat memperburuk situasi konflik Israel-Palestina

Iran-AS (CGTN)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Proses negosiasi Amerika Serikat untuk kembali ke dalam perjanjian nuklir Iran dinilai bisa memperburuk situasi pertempuran Israel-Hamas di Gaza. Hal itu disampaikan oleh Jonathan Schanzer, salah satu pejabat tim lobby pemerintah Israel untuk Amerika Serikat.

"Jika pemerintahan (AS) kembali masuk ke perjanjian nuklir JCPOA dan kami mendengar semua laporan yang keluar dari Washington apa yang terjadi jika AS menyediakan belasan atau bahkan lebih dari $ 100 miliar uang tunai atau pencabutan sanksi kepada rezim di Teheran, dan dampaknya mereka (Iran) akan memberikan pendanaan kepada Hamas secara tidak langsung, karena Iran adalah sponsor utama Hamas," kata Schanzer kepada MSNBC pada Senin (17/5).

Ia juga menuding Iran sebagai pihak penyedia dana, roket dan senjata kepada kelompok militan di Gaza, dalam melancarkan serangan ke wilayah Israel.



AS dan Kanada Kembali Jatuhkan Sanksi terhadap Belasan Anggota Junta Militer Myanmar

"Sehingga, dengan Amerika Serikat menjadi pendukung utama Israel dan kemudian masuk kembali ke perjanjian (nuklir), mereka (AS) akan memberikan dana kepada dua pihak tersebut dalam konflik ini, dan saya pikir Israel mengetahui hal ini," tambahnya.

Sebelumnya, tim medis Palestina mengatakan bahwa lebih dari 1.330 warga Palestina telah terluka di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Israel, termasuk lebih dari 100 korban luka dilaporkan di Jalur Gaza dan hampir 900 lainnya di Tepi Barat.

Seperti diketahui, kerusuhan di Jerusalem Timur telah berlangsung selama beberapa hari menyusul keputusan pengadilan Israel untuk mengusir beberapa keluarga Palestina dari daerah tersebut. Situasi di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza Palestina semakin memburuk selama sepekan terakhir.

Iran Minta Komunitas Internasional Anggap Tindakan Israel terhadap Palestina sebagai Genosida
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait