Jitunews.Com
17 Mei 2021 15:31 WIB

Makan Korban, Pemerintah Diminta Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Pemerintah resmi menghentikan sementara penggunaan AstraZeneca batch CTMAV547

vaksin Covid-19 AstraZeneca (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah resmi menghentikan sementara penggunaan AstraZeneca batch CTMAV547.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin menyesalkan adanya kasus yang terjadi akibat dari kasus penerima vaksin AstraZeneca.

"Jauh dari awal sebelum vaksin AstraZeneca digunakan di Indonesia saya telah meminta untuk pemerintah dapat memastikan keamanan terhadap dampak penggunaannya,” ujar Sultan di Jakarta, Senin (17/5/2021).



Korea Selatan Bilang Tingkat Efektivitas Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Diatas 86 Persen

“Saya berharap bukan hanya vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 yang dihentikan sementara, tetapi seluruhnya. Dan perlu juga untuk menguji batch lain bermerek vaksin tersebut,” imbuhnya.

Ia melanjutkan jika seluruh batch vaksin AstraZeneca sudah diuji dan dipastikan tingkat resiko keamanannya, maka kedepan tidak akan ada masalah lagi yang terjadi. Sebab pengujian itu diawal sebelum pemakaian, bukan setelah ada masalah baru kemudian diteliti lebih lanjut.

"Seharusnya kita benar-benar memiliki informasi serta pengetahuan yang komprehensif mengenai efek penggunaan vaksin AstraZeneca. Dan juga harus mempelajari motif dari beberapa negara di Eropa dimana otoritas kesehatannya menghentikan penggunaan vaksin tersebut", tambahnya.

Puluhan negara di dunia, terluas di Eropa, telah menggunakan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca rekomendasi suntikan vaksin mungkin telah menyebabkan beberapa penerima mengalami penggumpalan darah.

Swedia dan Latvia menjadi negara terbaru yang relevan dengan vaksin ini, menyusul Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, Denmark, Norwegia, dan Belanda.

"Jangan ragu, hentikan dulu semua. Tujuan Proses vaksin ini adalah keselamatan rakyat Indonesia,” kata dia.

“Dan yang paling penting kita semua harus membangun rasa trust, aman dan kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan vaksin ini. Agar kemudian tidak menjadi polemik", pungkasnya.

Setop Penggunaan Vaksin Astrazeneca, Kemenkes: Bentuk Kehati-hatian, Masyarakat Tetap Tenang
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait