Jitunews.Com
13 Mei 2021 14:00 WIB

Tak Usah Menghindar, Ini Jawaban Kalau Ditanya Kapan Nikah Saat Kumpul Lebaran

Jujurlah apabila kita merasa tidak nyaman dengan pertanyaan seperti itu

Ilustrasu Calon Pengantin Wanita (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bertemu keluarga besar saat momen lebaran adalah hal yang paling ditunggu oleh banyak orang. Meskipun ditengah pandemi Covid-19, banyak cara dilakukan agar tetap bisa bersilaturahim salah satunya menggunakan aplikasi video call. Namun ada saja yang menghindar untuk bertegur sapa dengan keluarga besar lantaran tidak enak hati mendapat berbagai pertanyaan seperti kapan menikah, kapan punya anak, dan lain sebagainya.

Seorang psikolog klinis, Dessy Ilsanty mengatakan bahwa menghindar bukanlah solusi yang tepat saat kita mendapat pertanyaan semacam itu. Menurutnya, pertanyaan tersebut biasa dilontarkan sebatas basa basi.

"Orang mungkin bisa mengorek privasi kita, tapi kuncinya di kita mau ngasih jawaban atau nggak. Kalau kita nggak berkenan, ya sudah nggak usah dikasih, sesimpel itu," kata Dessy seperti dilansir detikcom, Kamis (13/5/2021).



Tips Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Dessy memberi saran agar kita terbuka dengan keluarga besar. Jujurlah apabila kita merasa tidak nyaman dengan pertanyaan seperti itu. Pasalnya bertanya adalah hak seseorang, begitu juga dengan yang ditanyai. Mereka punya hak untuk tidak menjawab apabila merasa tidak nyaman.

"Kalau orang itu mencoba bertanya, itu hak dia. Tapi kita juga punya hak mau memberi jawaban atau nggak," imbuhnya.

Namun apabila kita tertekan karena masih terus ditanya kapan menikah dan sebagainya, maka cobalah mencari topik lain.

"Ketika butuh topik yang cepat, terus yang keluar itu saja (template) kalau sudah selesai sekolah, ya menikah. Itu simpelnya. Kalau mau dipikir lebih dalam, kan belum tentu, itu yang ada bukan basa-basi. Mikirnya kelamaan, percakapannya jauh lebih dalam. Menurut fitrahnya, orang basa-basi cepat saja," pungkasnya.

Jangan Asal Ikut Tren, Hindari Lakukan Hal Ini Jika THR Tak Ingin Cepat Habis
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait