Jitunews.Com
2 Mei 2021 13:53 WIB

IMACO Awards 2021, Founder Minta Perusahaan Gerak Cepat Antisipasi Bencana

Ada empat keuntungan sikap resilient bagi perusahaan

Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad (pers rilis)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi hampir seluruh sektor industri di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Akibat hal tersebut, pandemi kali ini juga memberikan nuansa baru bagi tatanan perekonomian di Indonesia. Perusahaan-perusahaan di semua sektor industri tengah berusaha keras agar bisnis yang dimiliki tetap sustainable dan resilient di tengah pandemi.

McKinsey & Company mengatakan bahwa perusahaan yang resilient akan cenderung memiliki kinerja dan performa perusahaan yang baik pada saat pandemi saat ini. Selain itu, pandemi COVID-19 ini juga secara tidak langsung memberikan titik awal (starting point) bagi perusahaan agar dapat menjadi perusahaan yang resilient di kemudian hari.

Terkait dengan resiliensi, mengutip dari Harvard Business Review, sedikitnya ada empat keuntungan sikap resilient bagi perusahaan. Hal itu disampaikan oleh Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad.
“Pertama, perusahaan mampu mengantisipasi terjadinya suatu hal. Perusahaan mesti bergerak cepat dalam mengetahui bencana apa yang akan terjadi,” ucap Fadel dalam Indonesia Most Acclaimed Companies (IMACO) Awards 2021: Surviving The Inevitability, Adapting The Anomaly, Seizing The Opportunity, yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi secara daring, Rabu (28/4).



Teropong Parlemen Award 2021, Ini Nama-nama Penerima Penghargaan

Dikatakan, keuntungan selanjutnya adalah perusahaan bisa menahan goncangan atau shock yang datang. Di sisi lain, perusahaan harus bisa menjadi lebih tangguh atau lebih baik setelah ada goncangan. Selanjutnya adalah recovery speed benefit atau kecepatan dari perusahaan untuk kembali setelah terpuruk.

“Ini empat hal yang menjadi pembahasan saat ini. Saya menyampaikan selamat kepada perusahaan-perusahaan yang terpilih, yang berhasil melaksanakan kesehariannya dan mendapatan penghargaan dalam kesempatan ini,” pungkas Fadel.

Dalam pelaksanaan penelitian untuk penghargaan Indonesia Most Acclaimed Companies Awards 2021: Surviving The Inevitability, Adapting The Anomaly, Seizing The Opportunity untuk mengetahui perusahaan idaman kali ini, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan metode survei daring kepada 5.000 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan dari tanggal 24 Maret-31 Maret 2021.

Adapun indikator penilaian yang digunakan adalah reputasi, manfaat produk dan atau jasa yang diberikan, serta indikator pola pikir kompetitif.

Gubernur Anies Minta Jual Saham Perusahaan Bir, PDIP: Sisi Manfaatnya Harus Dilihat Secara Utuh
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait