Jitunews.Com
2 Mei 2021 14:00 WIB

Heboh Tes Antigen Bekas di Kualanamu, Ini Cara Mudah Cek Alat Swab Baru

Alat swab yang masih baru memiliki permukaan stik swab yang putih bersih, tidak beraroma, bentuknya masih mulus dan tidak bergerigi

Swab Test Antigen Gratis ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Baru-baru ini masyarakat sedang dihebohkan dengan pemberitaan tes antigen menggunakan alat tes yang didaur ulang di Bandara Kualanamu. Padahal penggunaan alat tes antigen bekas sangat berisiko menjadi media penularan virus Covid-19. Lantas bagaimana cara membedakan alat swab yang baru dengan yang bekas?

Dokter Dwi Fajaryani, SpPK dari Klinik Primaya Hospital Bekasi Barat mengatakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui alat tes swab asli atau bekas yaitu dengan menanyakan langsung kepada petugas untuk memperlihatkan kemasan yang belum dipakai.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan, petugas perlu menunjukkan kepada pasien bawa alat masih dalam kemasan sebelum dipakai. Petugas akan membungkus plastiknya sesaat sebelum tindakan swab untuk menjaga agar alat tersebut tetap steril dan mencegah kontaminan," kata dr Dwi seperti dilansir detikcom, Sabtu (1/5/2021).



3 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Tanpa Cottun Bud

dr Dwi juga meminta agar masyarakat memperhatikan alat tes swab secara seksama. Alat swab yang masih baru memiliki permukaan stik swab yang putih bersih, tidak beraroma, bentuknya masih mulus dan tidak bergerigi.

Sementara, dr Selvi Josten mengatakan bahwa masyarakat yang hendak malukan tes swab bisa meminta petugas memperlihatkan nomor ijin edar. Alat tes swab yang memiliki izin edar sudah bisa dipertanggungjawabkan.

"Alat swab Ag harus mempunyai Nomor Ijin Edar (NIE) dari Kementerian Kesehatan. Pasien dapat meminta petugas untuk diperlihatkan Sertifikat NIE dari vendor alat," tambahnya.

Daun Ginseng dan Cabai Rawit, Ampuh Atasi Migraine
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait