Jitunews.Com
16 April 2021 16:30 WIB

Gibran Larang Warga Mudik Sebelum 6 Mei

Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021

Gibran Rakabuming Raka (FB Ora Gibran Ora)

SOLO, JITUNEWS.COM - Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat untuk patuh pada aturan.

Namun, Gibran mengizinkan warga mudik dalam batas kawasan Solo Raya, yakni Solo, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Klaten.

"Sebenarnya tidak dibolehkan (mudik sebelum tanggal 6 Mei), saya tidak menyarankan. Mudik lokal boleh (Solo Raya)," kata Gibran di Solo, Jumat (16/4).



Soal Polemik Mudik Dilarang Wisata Boleh, Kemenhub Jelaskan Maksudnya

Akan tetapi, Gibran tetap memperbolehkan apabila dengan alasan mendesak. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu meminta warga untuk menyiapkan hasil tes swab.

"Kalau terpaksa ke Solo, bawa surat swab atau PCR test. Pastikan ayah ibu yang akan dijenguk itu tidak tertular," ujarnya.

Gibran mengatakan bahwa pihaknya tengah kebut vaksinasi terhadap lansia.

"Makanya vaksin lansia kita kebut. Kalau anak-anak datang dari Jakarta, mereka tidak tertular," katanya.

Gibran mengatakan bahwa Pemkot menyiapkan rumah karantina di Solo Technopark. Gibran mengatakan bahwa rumah karantina tersebut untuk pemudik yang positif Covid-19.

"Rumah karantina untuk pendatang yang positif. Tetap saya tidak menyarankan (mudik). Tapi saya tidak mempersulit aktivitas warga kok," pungkasnya.

Nggak Cuma Indonesia, Ternyata Malaysia Juga Bakal Larang Warganya untuk Mudik
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait