Jitunews.Com
16 April 2021 07:30 WIB

Dukung Vaksin Nusantara, Siti Fadilah: Inovasi Selalu Mengagetkan, Menggangu yang Sudah Mapan

Siti Fadilah sebut suatu ilmu pengetahuan tidak cukup hanya dengan pemikiran logis saja, namun membutuhkan pembuktian.

Siti Fadilah (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah mendukung vaksin Nusantara besutan mantan Menkes Terawan Agus Putranto. Bahkan, ia mengaku bahagia menjadi relawan uji klinis vaksin Nusantara meskipun dari BPOM belum memberi izin edar vaksin tersebut.

Siti Fadilah mengatakan bahwa suatu inovasi atau sesuatu yang baru senantiasa mengagetkan pemahaman yang sudah ada. Namun menurutnya, suatu ilmu pengetahuan tidak cukup hanya dengan pemikiran logis saja, namun membutuhkan pembuktian.

"Menurut saya si peneliti berpikir logis, inovatif. Memang, inovasi selalu mengagetkan kemapanan, bahkan bisa mengganggu yang sudah mapan," kata Siti dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).



Sebut Komponen Utama Vaksin Nusantara Impor dari AS, BPOM: Butuh 2-5 Tahun untuk Mengembangkan di Indonesia

"Maka saya bersedia menjadi relawan, karena saya menghargai seorang peneliti yang berpikiran beda dengan yang lainnya. Dia membuat hipotesis, dan hipotesis itu boleh saja salah, tetapi harus dibuktikan dulu. Maka perlu penelitian," sambungnya.

Lebih lanjut, Siti Fadilah mengaku belum tahu informasi terkait penelitian vaksin Nusantara menggunakan ahli Amerika. Namun menurutnya, Indonesia sah-sah saja bekerja sama dengan negara manapun. Hal tersebut mengingat Indonesia menganut politik bebas dan aktif.

"Tapi kita kan negara yang berdaulat, dengan politik bebas dan aktif, maka boleh saja bekerja sama dengan negara manapun dengan prinsip kemitraan yang transparan, setara dan adil," tuturnya.

"Yang penting produk ini menjadi produk Indonesia, untuk kemaslahatan bangsa yang membutuhkan. Terutama untuk lansia seperti saya," pungkasnya.

Bahagia Jadi Relawan Vaksin Nusantara, Siti Fadilah: Saya Sangat Cocok dengan Metode Ini
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait