Jitunews.Com
5 April 2021 20:30 WIB

Hadapi Ancaman Rusia, Ukraina Bakal Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Inggris dan NATO

Ukraina dan NATO sebelumnya sudah menyampaikan kekhawatiran mereka terhadap peningkatan aktivitas militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina

Prajurit militer Ukraina berjalan di sebuah parit pertahanan di wilayah perbatasan (Reuters)

KIEV, JITUNEWS.COM - Beberapa pejabat militer Ukraina mengatakan bahwa pihaknya dan Inggris akan menggelar latihan militer gabungan pada musim panas ini dimana melibatkan pasukan dari negara anggota NATO lainnya. Langkah tersebut kemungkinan memicu kecaman dari pihak Rusia.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, pejabat militer Ukraina mengatakan bahwa latihan militer tersebut akan melibatkan lebih dari seribu personil pasukan dari sedikitnya lima negara anggota NATO.

Seperti diketahui, NATO pada pekan lalu sudah menyampaikan kekhawatirannya mengenai peningkatan aktivitas militer Rusia di perbatasan Ukraina, usai Moskown memperingatkan bahwa peningkatan situasi konflik di wilayah Donbass dapat membuat Ukraina hancur.



Uni Eropa dan Ukraina Bahas Ancaman Psywar Rusia di Wilayah Perbatasan

Pemerintah Rusia pada Jumat pekan lalu mengatakan bahwa diterjunkannya pasukan NATO ke Ukraina hanya akan mengancam stabilitas di dekat perbatasan Rusia dan memaksa pihak Moskow untuk mengambil tindakan ekstra untuk memastikan keamanan nasionalnya.

Sementara itu, pasukan militer Ukraina sendiri sudah terlibat konflik di wilayah Donbass dengan kelompok separatis yang mendapat dukungan dari Rusia sejak 2014 lalu. Konflik tersebut sudah menewaskan lebih dari 14 ribu orang.

"Secara khusus, tindakan defensif akan dilakukan, diikuti dengan serangan untuk memulihkan perbatasan negara dan integritas teritorial negara yang telah menjadi sasaran agresi oleh salah satu negara tetangga yang bermusuhan," kata pernyataan Ukraina dikutip Reuters.

Rusia Siap Jembatani Komunikasi Iran dan AS terkait Isu Perjanjian Nuklir JCPOA
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait