Jitunews.Com
1 April 2021 08:00 WIB

Heboh Janin Meninggal Gegara Rumput Fatimah, Dokter Kandungan Buka Suara

Rumput fatimah tidak disarankan untuk dkonsumsi karena sang ibu tidak mengetahui dosis yang tepat.

Ibu Hamil ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Baru-baru ini media sosial tengah diviralkan dengan kisah wanita hamil yang mengalami keguguran karena mengkonsumsi rumput fatimah. Selain kehilangan buah hatinya, sang ibu diberitakan mengalami syok pendarahan. Ia harus menjalani operasi dan menerima transfusi 20 kantong darah.

Ramput fatimah dikenal sebegai obat herbal yang digunakan oleh ibu hamil karena dipercaya bisa memperkuat jaringan vagina dan otot abdominal. Air rendaman rumput fatimah diklaim membantu merangsang persalinan. Lantas bagaimana tanggapan dokter kandungan terkait hal tersebut?

Ahli kandungan dr Nurhadi Rahman, SpOG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan bahwa rumput fatimah bisa memicu terjadinya kontraksi. Namun rumput fatimah tidak disarankan untuk dkonsumsi karena sang ibu tidak mengetahui dosis yang tepat.



Ramai Beredar Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Basmi Corona, Ini Faktanya

"Karena dosisnya tidak dapat ditentukan. Bisa jadi nanti saat di RS akan mengalami kontraksi yang berlebihan dan lebih kuat dari yang diharapkan," kata dr Adi seperti dilansir detikcom, Kamis (1/4/2021).

dr Adi menjelaskan bahwa kontraksi yang berlebihan dapat membuat dinding rahim robek. Selain itu, kontraksi yang berlebihan dapat membuat janin bayi mengalami stres karena tidak ada jeda untuk mendapatkan oksigen.

Ramai Beredar Minum Minyak Kayu Putih Tangkal Corona, Dokter Ini Ungkap Faktanya
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait