Jitunews.Com
15 Januari 2021 16:30 WIB

Jadi Salah Satu Pusat Finansial Global, Pengamat Bilang China Bisa Saingi New York dan London

Ray Dalio mengatakan bahwa hanya soal waktu saja bagi China untuk menjadi salah satu pusat finansial global, bersaing dengan New York dan London.

Shanghai, China (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pendiri perusahaan investasi Bridgewater Associates, Ray Dalio, mengatakan bahwa hanya soal waktu saja bagi China untuk menjadi salah satu pusat finansial internasional, bersaing dengan New York dan London.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Time, ia mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan tahun penentu bagi pasar finansial China. Krisis Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia bahkan tidak mampu membendung aliran investasi senilai USD 155 miliar masuk ke dalam finansial China.

"Meski perkembangan sistem finansial China saat ini masih kurang dibanding dengan negara-negara barat, (tapi) akhirnya mereka akan mampu bersaing sebagai pusat finansial dunia," kata Dalio dilansir Russia Today, Jumat (15/1).



Masuk Daftar Hitam AS, Saham Xiaomi Terjun Bebas

Ia menambahkan bahwa status China saat ini adalah sebagai pasar kapital terbesar kedua dunia, setelah Amerika Serikat.

"Sepanjang sejarah, negara-negara perdagangan terbesar berkembang menjadi sebuah pusat keuangan global dan mata uang cadangan global. Ketika Anda melihat transisi dari satu kekaisaran ke kekaisaran lainnya, dari Belanda ke Inggris ke Amerika, bagi saya, itu terlihat akan terulang kembali," tambahnya.

Dalio juga mengatakan bahwa China merupakan bagian terpenting bagi bisnisnya yang kini sudah memiliki aset mencapai USD 150 miliar.

“Saya telah masuk ke (pasar) China sejak 1984 dan (saham saya) bullish di (pasar) China dalam waktu yang lama… dan sepanjang waktu saya menjadi curiga - sampai sekarang,” kata Dalio.

Sayonara WhatsApp, Pakar Sebut Masyarakat Sudah Tak Percaya dengan Big Tech
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait