Jitunews.Com
18 Desember 2020 19:39 WIB

Pengen Kuliah Double Degree? Baca Ini Dulu Deh...

Berikut Manfaat dan Pentingnya Kuliah Program Double Degree di Sampoerna University

Ilustrasi (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dunia pendidikan memang begitu penting bagi setiap orang. Tak heran banyak orang mulai mencoba untuk mengenyam bangku perkuliahan. Pasalnya banyak program studi yang bisa diambil oleh setiap mahasiswa. Tak hanya itu, beberapa universitas seperti Sampoerna University mulai membuka sebuah program perkuliahan double degree (gelar ganda).

Apa itu program two degree

Program double degree merupakan sebuah program yang dibuka oleh beberapa universitas seperti Sampoerna University agar mahasiswa bisa mendapat dua gelar di dua universitas sekaligus. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kerjasama antar universitas, sehingga keduanya akan mengakui kelulusan para mahasiswanya.



Tahun 2020, Ajinomoto Foundation Kembali Tawarkan Beasiswa Kuliah S2 di Jepang, Ini Syaratnya

Tujuan dengan diadakannya program tersebut adalah demi mempermudah pergerakan mahasiswa, namun bisa tetap mendapat dua gelar sekaligus. Tentunya, kesibukan yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut akan lebih padat dibandingkan mahasiswa yang mengambil satu jurusan pada satu universitas saja.

Manfaat dari program two degree

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mengambil sebuah program two degree tersebut. Namun, tak sedikit pula pelajar yang belum mengetahui manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan manfaat yang bisa didapatkan ketika seorang mahasiswa mengambil program two degree:

1. Meningkatkan kualitas diri dalam dunia kerja

CV atau curriculum vitae merupakan salah satu syarat yang digunakan setiap perusahaan dalam proses perekrutan calon tenaga kerja dalam perusahaan tersebut. Tentunya di dalam cv selalu diberikan informasi latar belakang pendidikan.

Dilihat dari hal tersebut, mahasiswa yang memiliki dua gelar tentu lebih menarik perhatian. Pasalnya, mahasiswa akan dianggap memiliki lebih banyak pengetahuan dan kemampuan. Hal ini tentu bisa membuka peluang kerja lebih besar dibandingkan yang tidak mengikuti program two degree.

2. Bisa memperluas jaringan relasi dan mampu membuat mahasiswa berlatih beradaptasi

Tentunya lingkungan yang tercipta dari satu universitas dengan universitas lainnya pasti berbeda. Mau tidak mau setiap mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Selain itu banyaknya pertemuan antar mahasiswa dan pengajar pada dua universitas yang berbeda bisa dijadikan bekal untuk memperluas jaringan relasi. Tentunya hal ini berguna sekali dalam kehidupan di dalam kampus maupun diluar kampus.

3. Pandangan mahasiswa yang lebih objektif

Setiap mahasiswa pastinya dituntut untuk bisa memecahkan suatu permasalahan yang terjadi. Memecahkan masalah tersebut bisa dilatih dengan melakukan sikap kritis pada suatu keadaan. Tentunya saat mahasiswa memperluas jaringannya di dua tempat yang berbeda akan bisa membuat mahasiswa memiliki cara pandang yang berbeda. Kultur dari dua universitas tersebut bisa memberikan pandangan yang berbeda bagi mahasiswa tersebut.

4. Berguna untuk membantu mengatur management waktu

Pasalnya ketika seseorang melakukan perkuliahan dalam satu universitas saja pastinya ada berbagai tugas dengan berbagai jangkauan waktu yang berbeda, bahkan ada yang mepet. Begitupun mahasiswa dengan program two degree yang akan mendapat kesibukan tugas lebih padat dibandingkan dengan mahasiswa lainnya.

Dengan kepadatan waktu dalam menyelesaikan suatu tugas tersebut pastinya bisa digunakan untuk melatih manajemen waktu. Maka tak heran bila mahasiswa bergelar ganda mampu mengatur waktunya dengan efektif.

5. Bisa digunakan untuk melatih kemampuan multitasking

Kemampuan multitasking merupakan sebuah kegiatan melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang sama. Tentunya mahasiswa yang mengambil program two degree bisa dengan mudah untuk melatih kemampuan tersebut. Akan tetapi disarankan sesuai takaran jangan berlebihan.

Di Indonesia tentu sudah banyak universitas yang menawarkan program tersebut. Meski begitu, penawaran program double degree masing-masing universitas dapat berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu lebih dahulu menyesuaikannya dengan tujuan utama memilih program ini.

Bagi yang ingin memiliki dua gelar dari dua universitas berbeda, program double degree dari Sampoerna University bisa menjadi solusinya. Bahkan, universitas internasional di Indonesia ini menawarkan program double degree yang bekerja sama langsung dengan universitas unggulan Amerika Serikat, University of Arizona.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dua gelar universitas unggulan sekaligus. Program ini tentu telah diakui, baik oleh Indonesia dan pendidikan mancanegara. Meski begitu, Anda tak perlu repot melakukan pendidikan hingga ke luar negeri untuk bisa meraih dua gelar tersebut. Penawaran yang amat efektif, bukan?

Basiswa LPDP 2020 Dibuka, Begini Cara Daftarnya
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita