Jitunews.Com
14 Desember 2020 08:00 WIB

Strategi Sido Muncul Tetap Moncer di Tengah Paceklik

Pada masa pandemi ini, Sido Muncul tak kehilangan kinerja apiknya

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul), Irwan Hidayat (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul) baru-baru ini diganjar Best of the Best Award dari Forbes Indonesia. Penghargaan ini bukan penghargaan 'kaleng-kaleng', melalui penilaian yang ketat Sido Muncul dipilih bersama 49 emiten lainnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pemilihan 50 emiten sebagai Best of the Best ini dinilai berdasarkan pertumbuhan penjualan, laba bersih, dan return on equity, serta memiliki nilai lebih dari USD 1 miliar.

Sebelumnya, emiten berkode SIDO ini juga mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2016 dan 2019. Pada masa pandemi ini, Sido Muncul tak kehilangan kinerja apiknya, SIDO tetap konsisten mempertahankan kinerjannya. Hal itu terbukti dari sejumlah penghargaan termasuk juga penghargaan Best Under A Billion 2020 dari Forbes Asia dalam kategori industri traditional medicine.



Modal Sosial Cara Alternative Menanggulangi Covid-19

Dikutip dari Tribunnews, rahasia kinerja moncer perseroan diungkap oleh bos PT Sido Muncul, Irwan Hidayat. Irwan mengungkapkan bahwa Sido Muncul dalam menhalankan usahanya selalu kreatif, mengikuti demand, ditambah keberuntungan dan feeling, serta selalu perhitungan akan segala hal yang dilakukan dan juga memiliki plan B.

"Namun yang terpenting adalah harus menjunjung kejujuran, baik kepada karyawan, pemerintah, bahkan kepada lingkungan karena bukan hanya profit namun lingkungan juga sangat penting,” ujar Direktur Sido Muncuk, Irwan Hidayat.

Buat Irwan, sejumlah penghargaan yang disematkan pada Sido Muncul menjadi tolak ukur bahwa perusahaan sudah menjalani bisnis pada trek yang benar. Selain itu, berjibun penghargaan itu juga dijadikan pendorong bagi Sido Muncul untuk melakukan hal yang terbaik lagi di masa depan.

"Sudah sejak 10 tahun lalu, Sido Muncul telah melakukan penelitian ilmiah terkait uji khasiat dan uji keamanan produknya, serta melakukan penelitian obat-obatan herbal yang bermanfaat kedepannya,” imbuh Irwan Hidayat.

Irwan juga mengungkap kenapa kinerja perusahaan bisa konsisten meski pandemi mengusik pada tahun 2020 ini. Salah satu alasannya adalah lantaran bisnis yang dijalankan Sido Muncul pada obat-obatan tradisonal ini cocok dengan iklim pandemi dan perusahaan juga memiliki fundamental yang kuat.

"Hampir seluruh proses kerja pabrik Sido Muncul dilakukan secara otomatis. Tak hanya itu saja, setiap pekerja pun rutin diberi Sido Muncul pagi dan sore, serta JSH setiap bulannya," ujar Irwan menutup.

Optimis di Tengah Pandemi, Fahri: Global Trade Akan Surut, Lalu Ekonomi Domestik yang Naik
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait