Jitunews.Com
24 November 2020 18:25 WIB

Kedubes China di Manila Sebut AS Bikin Kekacauan Berbahaya di Asia

Kedutaan Besar China di Manila menyebut AS sebagai faktor eksternal paling berbahaya di wilayah Laut China Selatan

AS-China (istimewa)

MANILA, JITUNEWS.COM - Kedutaan Besar China di manila menyebut Amerika Serikat tengah membuat kekacauan di Asia. Hal tersebut mereka sampaikan usai penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien, yang berkunjung ke Manila pada Senin (23/11) menegaskan bahwa AS akan selalu mendukung Filipina dalam sengketa Laut China Selatan.

"Ini menunjukkan bahwa kunjungannya ke kawasan tidak mendukung adanya perdamaian dan stabilitas regional, namun hanya untuk menciptakan kekacauan guna mencapai kepentingan mereka sendiri," kata Kedubes China dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip CNA, Selasa (24/11).

Mereka meminta Amerika Serikat untuk menghentikan konfrontasi mereka di Laut China Selatan dan berhenti membuat pernyataan tak bertanggung jawab atas isu Taiwan dan Hong Kong, yang mana hal itu murni urusan dalam negeri China.



AS Akan Tetap Dukung Vietnam dan Filipina dalam Sengketa Laut China Selatan

Amerika Serikat diketahui telah mengirimkan kapal perang mereka di kawasan perairan tersebut untuk menunjukkan bahwa wilayah perairan tersebut merupakan laut internasional sekaligus menghadapi ancaman China yang mengklaim 90 persen wilayah teritorial Laut China Selatan.

"Fakta telah membuktikan bahwa AS adalah penghasut terbesar dari militerisasi," kata Kedubes China, seraya menyebut AS sebagai "faktor eksternal paling berbahaya" di wilayah Laut China Selatan.

Tokoh Politik India Minta Pakistan, Bangladesh dan India untuk Gabung Jadi Satu Negara
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita