Jitunews.Com
24 November 2020 16:35 WIB

Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Anies Baswedan Sebut karena Libur Panjang

Penyebaran virus di Jakarta sempat melandai karena pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada September lalu.

Anies Baswedan (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kasus positif Covid-19 di ibu kota kembali naik setelah libur panjang akhir Oktober. Padahal, penyebaran virus di Jakarta sempat melandai karena pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada September lalu.

"Ketika kita sudah mulai turun nih, tiba-tiba ada long weekend, kita tetap melaksanakan, konsekuensinya kita sekarang mulai menyaksikan kenaikan lagi peak-nya," ujar Anies dalam sebuah webinar, Selasa (24/11).

Menurutnya, pergerakan masyarakat di luar rumah punya pengaruh signifikan dengan penambahan kasus. Hal itu terbukti kasus positif di Jakarta cenderung meningkat pasca libur panjang.



Surya Paloh Positif Covid-19, NasDem Sebut Kondisinya Stabil

"Betapa terlihat ada korelasi antara pengetatan kolektif, bukan insiden, dengan pertumbuhan laju angka kasus aktif di Jakarta, artinya kita betul-betul harus antisipasi," jelasnya.

Anies menerangkan, kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini kembali meningkat. Untuk kapasitas keterisian tempat tidur rawat inap atau bed occupancy rate di total 98 rumah sakit rujukan di Jakarta per hari ini mencapai 75 persen.

Kapasitas keterisian tempat tidur untuk ruang Intensive Care Unit (ICU) mencapai 69 persen. Sedangkan tempat isolasi khusus yang disediakan Pemprov DKI Jakarta saat ini terisi 53 persen.

Anies Baswedan Baca Buku How Democracies Die, Wagub DKI: Nggak Usah Ditafsirkan Berlebihan
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita