Jitunews.Com
17 November 2020 14:01 WIB

Selain Praktis, Ini 5 Keuntungan Lain Pakai Kartu Kredit

Di tangan orang-orang yang bertanggung jawab, penggunaan kartu plastik tersebut memang bisa dinilai lebih praktis

Ilustrasi kartu kredit. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai salah satu ‘penghuni’ dompet, kartu kredit telah banyak memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus melakukan pembayaran dengan cara cash. Tidak hanya memiliki peran sebagai alat untuk bertransaksi, bagi sebagian orang, penggunaan dan pengajuan kartu kredit online sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Di tangan orang-orang yang bertanggung jawab, penggunaan kartu plastik tersebut memang bisa dinilai lebih praktis saat digunakan untuk bertransaksi ketimbang menggunakan uang tunai. Meski secara sederhananya kartu kredit adalah cara baru untuk meminjam uang, selama setiap bulan tidak ada kendala dalam melunasi tagihannya, tentu tidak ada yang salah dengan keputusan menjadikan kartu pembayaran tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Pemakaiannya yang mudah dan praktis tentu tidak menjadi satu-satunya alasan mengapa metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit kini menjadi lebih digemari masyarakat. Lalu, apa saja alasan lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak informasi berikut.



Bank BNI Bersama Garuda Terbitkan Kartu Kredit BNI Mastercard World

1. Penggunaan yang Efektif dan Efisien
Salah satu kendala ketika berbelanja dan melakukan pembayaran menggunakan uang tunai yaitu harus menghitung uang dahulu sebelum menyerahkannya pada kasir. Belum lagi, jika kebetulan uang dalam dompet dalam kondisi tidak tertata atau hanya ada pecahan, waktu pun bisa jadi lebih lama karena harus merapikan dahulu sebelum membayar.

Nah, dengan kartu kredit, waktu pun bisa dihemat karena pembayarannya hanya tinggal menyerahkan kartu tersebut pada kasir, dan tidak butuh waktu lama, transaksi pun sudah beres. Selain itu, karena bentuknya yang ramping, kartu kredit tidak memakan banyak tempat di dompet.

Poin plus-nya lagi, kini telah banyak tempat yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu kredit. Dengan demikian, benda tersebut tentunya lebih praktis untuk dibawa kemana-mana karena tidak perlu mencari ATM untuk mengambil dana guna membayar belanjaan.

2. Mempermudah Evaluasi Finansial
Setiap bulannya, umumnya bank penerbit kartu kredit yang digunakan akan memberikan informasi mengenai tagihan seluruh transaksi yang sudah dilakukan dengan kartu tersebut. Meski tujuan sederhananya yaitu agar pengguna kartu kredit mengetahui seberapa besar biaya yang harus dilunasi, adanya rekap transaksi tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengevaluasi pengelolaan keuangan.

Apabila nominal tagihan masih bisa dikatakan aman, hal tersebut menjadi indikasi bahwa penggunanya memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan mampu menggunakan kartu kredit dengan penuh tanggung jawab. Namun, jika tagihan tersebut melebihi kemampuan finansial untuk melunasinya, tentu perlu dicari akar masalahnya sebagai bahan perbaikan.

Salah satu penyebab pengeluaran dengan kartu kredit menjadi tidak terkontrol yakni pembelanjaan tak terencana untuk hal yang sebenarnya kurang dibutuhkan atau yang sifatnya konsumtif. Jika merasa bahwa hal tersebut menjadi penyebabnya, di waktu yang akan datang, tentu akan jadi langkah yang bijak jika mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

3. Pembayaran Jadi Lebih Ringan dengan Sistem Mengangsur
Dibandingkan dengan pembayaran tunai, transaksi dengan kartu kredit bisa lebih ramah untuk kondisi finansial, terutama saat melakukan pembelian besar seperti alat elektronik.

Apabila pembayaran dilakukan dengan tunai, maka dana yang tersisa baik di dompet maupun rekening pun akan berkurang secara signifikan. Jika muncul kebutuhan tak terduga dan sisa dana yang dimiliki tidak bisa menutup biayanya, upaya yang umum dilakukan yaitu mengajukan pinjaman. Akan tetapi, jika kebutuhan tersebut sifatnya benar-benar darurat, mengajukan pinjaman tentunya belum cukup efektif karena tidak bisa dilakukan secara instan.

Nah, jika melakukan transaksi dengan kartu kredit dan memilih untuk membayar tagihannya melalui cicilan, pengeluaran pun bisa lebih terkontrol karena nominal cicilan tentunya lebih kecil daripada pembayaran tunai. Dengan demikian, kondisi finansial pun bisa tetap terjaga kestabilannya.

4. Promo Menarik
Biasanya, provider kartu kredit menjalin kerjasama dengan perusahaan lain guna membuat promo yang bertujuan untuk menarik minat konsumen agar mau menggunakan kartu transaksi tersebut. Berbagai benefit seperti diskon tiket nonton, makan, maupun berbelanja bisa didapatkan dengan bertransaksi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Menariknya lagi, pihak penyedia kartu kredit juga memberikan imbalan berupa reward atau poin ketika penggunanya memakai kartu tersebut untuk bertransaksi. Di waktu yang akan datang, reward atau poin yang telah terkumpul bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan ‘hadiah’.

Sebagai contoh, reward yang diterima setelah melakukan transaksi bisa ‘ditabung’, dan nantinya reward yang telah diakumulasikan bisa digunakan untuk berbelanja. Selain itu, provider kartu kredit juga memiliki program khusus, dimana poin yang telah dikumpulkan bisa digunakan untuk mendapatkan benefit tertentu, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh, banyak orang yang melakukan pengajuan kartu kredit BCA karena promo-promo menarik yang ditawarkan seperti diskon makan atau belanja. Hal ini juga tentu berlaku untuk kartu-kartu kredit lainnya yang menawarkan promo sesuai kebutuhan kita.

Gunakan dengan Bertanggung Jawab, Dapatkan Berbagai Keuntungannya
Kartu kredit bisa menjadi sarana untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan dan bahkan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan bertransaksi menggunakan kartu plastik tersebut. Sayangnya, kartu kredit juga bisa membuat seseorang terjerat utang karena penggunaannya yang sangat praktis, sehingga kadang tidak terasa saat melakukan transaksi.

Price Lock Sinar Mas Land Bikin Milenial Bisa Punya Hunian, Sekarang!
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita