Jitunews.Com
16 November 2020 19:00 WIB

Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Kulit pisang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, kok bisa? Begini penjelasannya

Ilustrasi - internet ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Buah pisang adalah salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah pisang juga bisa dikreasikan dalam beberapa jenis olahan makanan. Oleh karena itu tidak ada kata bosan untuk mengkonsumsi buah pisang.

Namun, tahukah anda? Kulit pisang ternyata mengandung banyak manfaat. Oleh karena itu, jangan buru-buru untuk dibuang ya Sobat Jitu. Berikut manfaat kulit pisang yang dikutip dari Healthline.

1. Untuk masker rambut



Belajar Bijak dari Penyintas Covid-19

Senyawa antoksidan yang terkandung dalam kulit pisang mampu menetralkan radikal bebas pada rambut. Oleh karena itu, beberapa ahli menyarankan penggunaan kulit pisang sebagai masker rambut. Dengan penggunaan yang teratur rambut bisa menjadi berkilau dan lebih lembut.

2. Untuk perawatan kulit

Sebuah penelitian pada tahun 2018 mencatat bahwa kulit pisang mengandung fenolat, senyawa atimikroba dan antioksidan yang diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan demikian, kulit pisang bisa membantu melembapkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, mengoleskan kulit pisang pada wajah bisa membantu mencerhkan kulit dan mengurangi kerutan.

3. Untuk memutihkan gigi

Para ahli kesehatan holistik mengatakan bahwa menggosok gigi dengan menggunakan kulit pisang dapat menyehatkan gigi dan gusi. Hal tersebut lantaran kulit pisang mampu melawan bankteri A.actinomycetemcomitans dan P. gingivalis.

4. Untuk pertolongan pertama

Anda juga bisa menggunakan kulit pisang sebagai pertolongan pertama pada beberapa kondisi. Kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi ruam kulit dan gatal-gatal akibat digigit serangga. Selain itu, kulit pisang dapat meredakan sakit kepala dengan cara meletakkan kulit pisang beku pada bagian dahi dan leher. Hal tersebut lantaran kulit pisang memiliki antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Bagaimana Sobat Jitu, semoga bermanfaat informasinya dan tetap jaga kesehatan selalu ya!

Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Cegah Obesitas Hingga...
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita