Jitunews.Com
29 Oktober 2020 09:30 WIB

Malaysia Kecam Adanya Karikatur Nabi Muhammad dan Pernyataan Macron soal Islam

Kementerian Luar Negeri Malaysia memanggil duta besar Perancis untuk menyampaikan keluhan dan kecaman mereka mengenai karikatur nabi Muhammad dan pernyataan Presiden Emmanuel Macron soal Islam

Presiden Perancis Emmanuel Macron (istimewa)

KUALA LUMPUR, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Malaysia, pada Rabu (28/10) telah memanggil Duta Besar Perancis di Kuala Lumpur untuk menyampaikan keluhan mereka terkait ujaran kebencian dan pernyataan Presiden Emmanuel Macron soal Islam.

Seperti yang diketahui, Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa karikatur nabi Muhammad adalah sebuah bentuk kebebasan berpendapat dan berekspresi. Ucapan Macron yang memicu kemarahan umat Islam di seluruh dunia tersebut muncul usai terjadinya insiden pembunuhan seorang guru yang memperlihatkan karikatur nabi Muhammad kepada sejumlah siswa di kelas saat melakukan diskusi mengenai kebebasan berpendapat.

Kepada Duta Besar Perancis Gilles Barrier, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan bahwa pihaknya sangat mengecam "semua retorika hasutan dan tindakan provokatif yang dilakukan untuk memfitnah agama Islam."



AS Siap Kerahkan Rudal Balistik ke Eropa untuk Halangi Rusia

Kemenlu Malaysia mengatakan bahwa baik pernyataan Macron maupun karikatur nabi Muhammad yang ada di Perancis hanya akan "meningkatkan ketegangan" dan berdampak negatif terhadap perdamaian antar agama.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein menegaskan bahwa kebebasan berpendapat dan berekspresi yang dipertahankan oleh Perancis dalam bentuk karikatur, seharusnya tidak melanggar atau mengganggu hak-hak yang dimiliki oleh pihak lainnya.

"Dalam konteks ini, menghina nabi besar Muhammad dan menghubungkan Islam dengan tindak terorisme jelas telah melampaui batas," ujarnya dikutip dari Russia Today.

Singkirkan Huawei dari Jaringan 5G, Inggris Rugi 100 Miliar Poundsterling
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita