Jitunews.Com
23 Oktober 2020 15:30 WIB

Diblokir dari Jaringan 5G Swedia, Begini Respon Huawei

Huawei berharap pemerintah Swedia mengevaluasi kembali keputusan mereka memblokir Huawei dari jaringan 5G

Huawei 5G (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Swedia pada Selasa (20/10) lalu telah mengumumkan bahwa mereka melarang semua operator layanan seluler untuk menggunakan perangkat ataupun peralatan buatan Huawei dan ZTE dalam jaringan 5G mereka karena isu keamanan nasional.

Pengumuman tersebut jelas membuat Huawei terkejut. Perusahaan teknologi asal China tersebut menilai bahwa keputusan pemerintah Swedia tersebut "tidak adil dan tidak dapat diterima".

Terlebih, alasan diblokirnya Huawei dari jaringan 5G Swedia hanya berdasar pada asumsi yang tidak dilengkapi dengan bukti.



AS Tawarkan Bantuan Finansial bagi Brazil untuk Beli Peralatan 5G dari Perusahaan Selain Huawei

"Huawei tidak pernah memberikan ancaman pada keamanan siber Swedia, dan tidak akan pernah. Mengeluarkan Huawei (dari jaringan 5G) tidak akan membuat jaringan 5G Swedia menjadi lebih aman. Sebaliknya, perkembangan inovasi dan kompetisi akan terganggu," kata juru bicara Huawei dalam pernyataan tertulisnya dikutip dari Gizchina, Jumat (23/10).

Juru bicara Huawei juga menambahkan bahwa perusahaannya akan melakukan evaluasi yang mendalam terkait dampak dari keputusan otoritas Swedia tersebut, dan berharap pemerintah Swedia segera mengevaluasi keputusan itu.

Untuk diketahui, Huawei telah beroperasi lebih dari 20 tahun di Swedia, dimana perusahaan tersebut menyatakan terus menjaga track-recordnya dengan tidak menimbulkan satupun insiden keamanan siber yang berdampak besar.

Swedia Blokir Huawei dan ZTE, Ericsson dalam Bahaya
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita