Jitunews.Com
22 Oktober 2020 15:25 WIB

Swedia Blokir Huawei dan ZTE, Ericsson dalam Bahaya

Pemerintah China mengancam akan memblokir Ericsson dari jaringan 5G China

(gizchina)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China meminta Swedia untuk mencabut pemblokiran mereka terhadap peralatan dan perlengkapan jaringan 5G buatan perusahaan teknologi China, Huawei dan ZTE. Hal itu diperlukan untuk mencegah aksi balasan yang dilakukan oleh Beijing terhadap perusahaan teknologi Swedia yang beroperasi di China.

"Pihak Swedia tanpa adanya bukti, telah men-diskreditkan China dan melakukan penindasan terhadap perusahaan-perusahaan telokomunikasi China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, dikutip dari Russia Today, Kamis (22/10).

Ia menambahkan bahwa pemerintah Swedia harus berlaku adil dan meminta mereka untuk menarik kembali keputusan tersebut untuk mencegah dampak negatif terhadap kerja sama perdagangan dan perekonomian kedua negara, serta melindungi perusahaan Swedia yang beroperasi di China.



AS Setujui Permohonan Penjualan Senjata ke Taiwan Senilai USD 1.8 Miliar

Peringatan tersebut muncul usai Swedia pada Selasa (20/10) melarang operator layanan seluler mereka untuk menggunakan peralatan jaringan 5G dari Huawei dan ZTE. Langkah tersebut dilakukan menyusul adanya kekhawatiran mengenai isu keamanan nasional, dimana intelijen Swedia mengatakan bahwa pemerintah dan intelijen China dapat mengendalikan kedua perusahaan tersebut.

Keputusan Swedia tersebut membuat Huawei berang dan menilai tindakan tersebut tidak adil dan tidak dapat diterima karena hanyha berdasar pada asumsi tanpa bukti.

Pemblokiran Huawei dan ZTE oleh pemerintah Swedia jelas akan berdampak buruk terhadap perusahaan telekomunikasi Ericsson. Pasalnya, Ericsson saat ini tengah membangun jaringan 5G dengan tiga operator seluler di China, dimana hal itu merupakan 10 persen pendapatan Ericsson di pasar China.

Washington Sebut Enam Media China yang Beroperasi di AS sebagai Penyebar Propaganda
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita