Jitunews.Com
21 Oktober 2020 18:41 WIB

Yunani Minta Negara Eropa Setop Ekspor Senjata ke Turki

Kementerian Luar Negeri Yunani meminta negara anggota Uni Eropa untuk menghentikan ekspor senjata militer mereka ke Turki

Kapal Turki (sputnik)

ATHENA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk menghentikan ekspor senjata militer mereka ke Turki, karena melakukan tindakan provokatif yang mengancam stabilitas dan keamanan di kawasan tersebut.

"Turki terus-terusan melanggar kriteria fundamental integrasi Uni Eropa," kata Dendias dikutip dari Russia Today, Rabu (21/10).

Pada pekan lalu, sejumlah petinggi Uni Eropa juga mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap Turki jika mereka tidak menghentikan program eksplorasi migas di wilayah perairan Mediterania Timur yang berada tak jauh dari lepas pantai Yunani.



Tak Ingin Navalny Kembali ke Rusia, Kremlin Gunakan Sejumlah Intimidasi

Sementara itu, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menegaskan bahwa Turki siap untuk melakukan negosiasi dengan Uni Eropa dan Yunani terkait sengketa wilayah di Laut Mediterania Timur.

"Mari kita selesaikan permasalahan ini dengan pembicaraan, namun semua orang harus melihat dan memahami bahwa kami tidak akan melakukan paksaan ataupun tekanan," katanya.

Sebelumnya, Turki kembali mengerahkan kapal Oruc Reis untuk melakukan program eksplorasi migas mereka di selatan pulau Katellorizo di perairan Mediterania Timur. Hal tersebut memicu kemarahan dari Yunani.

"Survei di selatan pulau Kastellorizo yang berada di dalam teritorial Yunani, dengan jarak hanya 6,5 mil laut dari lepas pantai Yunani, adalah sebuah (upaya) peningkatan ketegangan," kata Kementerian Luar Negeri Yunani.

Gunakan Atribut Kampanye Pro-Donald Trump saat Bertugas, Oknum Polisi Miami Tuai Kecaman
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita