Jitunews.Com
20 Oktober 2020 10:30 WIB

Merasa Kesepian? Waspada, Risiko Diabetes Tipe 2 Mengintai Anda

Studi terbaru menyatakan bahwa kesepian menjadi salah satu penyebab diabetes tipe 2

Ilustrasi - theodysseyonline.com ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Diabetologia menyatakan bahwa kesepian dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2. Penelitian tersebut melibatkan 4 ribu orang dewasa dengan variabel tingkat kesepian dilihat dari perasaan tersisih, perasaan terisolasi dari orang lain, atau dari keberadaan sahabat.

Sepuluh tahun kemudian, 6,4 persen peserta atau sekitar 264 orang berisiko diabetes tipe-2. Mereka memiliki skor kesepian rata-rata yakni 1,42. Oleh karena itu, penelitan tersebut berkesimpulan bahwa kesepian memiliki risiko 46 persen lebih besar mengidap diabetes tipe-2.

"Studi ini menunjukkan hubungan yang kuat antara kesepian dan diabetes tipe-2 di kemudian hari," kata penulis utama studi, Ruth Hackett dari Institute of Psychiatry, Psychology, and Neuroscience King's Collage London, Inggris seperti dikutip Everyday Health, Senin (19/10/2020).



Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi, Megawati Sarankan Kader Konsumsi Kelor

Sementara itu, ahli perilaku dari University College London, Andrew Steptoe yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada penelitian hubungan diabetes tipe-2 dengan tingkat kesepian, namun tidak berkorelasi secara spesifik.

"Penelitian sebelumnya telah mengaitkan isolasi sosial dengan risiko diabetes tipe-2, tapi tidak secara spesifik dengan kesepian," ujarnya.

Belajar Bijak dari Penyintas Covid-19
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita